• Senin, 28 November 2022

Cafe Sebagai Gaya Hidup Peluang bagi Indonesia

- Senin, 22 November 2021 | 19:15 WIB
Suasana di Munjungano Cafe di Pinggir Samudera Hindia (Instagram.com @munjungano.coffee)
Suasana di Munjungano Cafe di Pinggir Samudera Hindia (Instagram.com @munjungano.coffee)


Gunem.id - Indonesia berpeluang besar memanfaatkan bisnis cafe karena memiliki kopi dan teh yang cita rasanya tidak dimiliki kopi dan teh negara lain.

Cafe sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi Generasi Z. Kesuksesan bisnis cafe tergantung dari kualitas kopi, teh, maupun makanan yang ditawarkan.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, menyampaikan hal tersebut ketika menghadiri pembukaan Cafe Asia Exhibition 2021 dan The 8th International Coffee and Tea Expo di Marina Bay Sands, Singapura. Acara yang berlangsung 18-21 November 2021 dibuka Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong.

Baca Juga: Aura Kasih Cari Papa Baru untuk Arabella, Warganet Ramai-Ramai Mendaftar

“Survey terbaru yang dilakukan McKinsey menunjukkan, buying power Generasi Z atau mereka yang lahir setelah 1995 di AS mencapai 150 miliar dollar AS. Konsumsi mereka untuk kopi dua kali di atas peminum kopi yang berusia di atas 60 tahun,” kata Dubes Tommy.

Potensi itu juga berlaku untuk Indonesia dan Singapura karena persentase Generasi Z-nya lebih besar dari AS. Ini tentunya menjadi peluang bagi produsen kopi dan teh di Indonesia maupun mereka yang bergerak di bisnis makanan dan minuman, termasuk cafe.

Menurut Dubes Tommy, kopi Indonesia mempunyai cita rasa yang unik dan berbeda dengan kopi dari negara lain. Setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda tergantung jenis tanah dan juga cuaca di tempat kebun kopi itu berada.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti dan Politisi Demokrat Sindir Pernyataan Luhut soal TKA China

Ia menyebut Kopi Gayo, Kopi Mandailing, Kopi Toraja, Kopi Bajawa, dan Kopi Bali yang mempunyai kekhasan yang berbeda. “Anda bisa merasakan aroma coklat, jeruk, bunga, cinnamon atau kayu manis pada kopi yang berasal dari Indonesia,” kata Dubes Tommy.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: kemlu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X