• Jumat, 27 Mei 2022

Muncul di Google Doodle Hari Ini, Berikut Profil Lengkap Ellya Khadam Yang Berulang Tahun ke-93

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:30 WIB
Sosok Ellya Khadam yang dijadikan doodle Google (Dok.Google)
Sosok Ellya Khadam yang dijadikan doodle Google (Dok.Google)

Gunem.id - Situs mesin pencarian Google menampilkan sosok penyanyi Ellya Khadam sebagai doodle pada Sabtu (23/10/2021) hari ini. Kenapa almarhumah Ellya Khadam menjadi Google Doodle pada hari ini? Siapakah sebenarnya sosok Ellya Khadam ini?

Ternyata, tanggal 23 Oktober menjadi tanggal kelahiran beliau. Ellya Khadam lahir pada 23 Oktober 1928 atau 93 tahun lalu. Lahir dengan nama Siti Alya Husnah, dikenal juga dengan nama Ellya Agus, lalu Ellya M Haris. Ellya Khadam menjalani masa kecil di Kampung Kawi Kawi, Manggarai, Jakarta Selatan.

Di kampung ini ia mulai belajar menyanyi secara otodidak. Pada usia muda, ia dinikahkan, namun pernikahannya kandas. Bagi generasi alfa yang lahir pada tahun 2011, sosok Ellya Khadam mungkin kurang populer sebab beliau telah tiada (meninggal) sejak 2 November 2009, pada usia 81 tahun. Selain sebagai penyanyi, Ellya Khadam adalah penulis lagu dan aktris.

Baca Juga: Resmi Menikah dengan Vincent Verhaag, Jessica Iskandar Ungkapkan Kebahagiaannya

Mengutip dari laman Wikipedia.org, karier Ellya Khadam di dunia hiburan dimulai dari sebagai penyanyi dalam Orkes Melayu Kelana Ria pimpinan Adi Karso dan Munif Bahasuan. Orkes inilah yang melahirkan beberapa penulis lagu Melayu populer pada tahun 1960-an yang kemudian berkembang menjadi tonggak awal genre musik dangdut kelak.

Ia terkenal sebagai penulis lagu "Boneka Dari India", "Djandji", dan "Pergi Tanpa Pesan" yang sangat populer sejak akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an.

Ia juga terkenal dalam mempopulerkan lagu "Beban Asmara" (1961, ciptaan Munif B) dan "Ogah Ah!".

Pada tahun 1970-an, Ellya Khadam juga disibukkan bermain dalam berbagai film (terutama film musik) Indonesia.

Pada dekade tersebut dirinya mendirikan grup musik untuk mendukung penampilannya di kamar rekaman dan panggung, Orkes Melayu El Sitara. Setelah namanya sempat tenggelam oleh penerusnya pada tahun 1970-an dan 1980-an, Ellya Khadam ternyata masih terus berkarier di dunia musik hingga beberapa bulan menjelang kematiannya karena diabetes.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X