• Senin, 30 Januari 2023

Michelle Yeoh Ukir Sejarah sebagai Nominasi Aktris Terbaik Asia Pertama Oscar 2023 di Academy Award

- Rabu, 25 Januari 2023 | 12:00 WIB
Michelle Yeoh masuk nominasi oscar dan menjadi aktris asia pertama yang masuk nominasi tersebut (People.com)
Michelle Yeoh masuk nominasi oscar dan menjadi aktris asia pertama yang masuk nominasi tersebut (People.com)

Gunem.id - Michelle Yeoh, aktris asal Malaysia ukir sejarah sebagai aktris terbaik Asia pertama di ajang penghargaan film bergengsi Oscar yang digelar oleh Academy Awards.

Butuh 59 tahun bagi Michelle Yeoh untuk mendapatkan peran utama pertamanya dalam film Hollywood. Dan butuh 95 tahun bagi Academy of Motion Picture Arts and Sciences untuk mengakui seorang wanita yang diidentifikasi sebagai orang Asia dalam kategori aktris terbaiknya.

Pada Selasa pagi 24 Januari 2023, aktris yang menjadi bintang film di Hong Kong sebelum berhasil menembus panggung dunia, menerima nominasi Academy Award dalam perannya di film ‘Everything Everywhere All at Once’.

Baca Juga: Inilah Lokasi dan Jam Buka Gerai Layanan SIM Keliling Karawang, Jawa Barat Hari Jumat 27 Januari 2023

Ini adalah nominasi Oscar pertama bagi aktris berusia 60 tahun tersebut yang dikenal di Hollywood berkat perannya di film ‘Crouching Tiger, Hidden Dragon’, ‘Tomorrow Never Dies’ dan ‘Crazy Rich Asians’.

Namun, hingga hari ini, tidak ada satu pun wanita yang diidentifikasi sebagai orang Asia - kebetulan, kelompok ras terbesar di planet ini - yang diakui sebagai aktris terbaik oleh Academy Awards.

Menariknya, karakter yang dimainkan Michelle Yeoh di film ‘Everything Everywhere All at Once’ bukanlah karakter pertama yang diakui dalam penampilan aktris utama yang layak mendapatkan Oscar.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Pebulutangkis Tuan Rumah di Indonesia Masters 2023 untuk Hari Rabu, 25 Januari 2023

Di film ‘the Good Earth- O-Lan’ yang bercerita tentang seorang istri pekerja keras Tionghoa, pemerannya mendapatkan Oscar Emas pada tahun 1938 di Academy Awards ke-10. Pemeran utamanya adalah aktris kulit putih tulen, Luise Rainer.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: Thestar.com.my

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X