Indosat Cetak Laba Rp1,9 Triliun, Pelanggan Berkualitas Melonjak!

Indosat Cetak Laba Rp1,9 Triliun, Pelanggan Berkualitas Melonjak!

Gunem.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) baru saja mengumumkan kinerja keuangan yang gemilang di semester pertama tahun 2023. Perusahaan ini kembali menorehkan laba bersih untuk sepuluh kuartal berturut-turut, dengan pendapatan yang terus meningkat selama lima semester terakhir.

Collab Media Network banner content

Total pendapatan Indosat di semester I 2023 mencapai Rp24,7 triliun, naik 10% dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan ini didorong oleh kinerja positif di semua lini bisnis, termasuk pendapatan selular yang naik 8,4%, pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) yang bertambah 15,7%, dan layanan Telekomunikasi Tetap yang tumbuh 25,9% YoY.

Indosat Cetak Laba Rp1,9 Triliun, Pelanggan Berkualitas Melonjak!
Foto Istimewa : www.rmoljatim.id

Pertumbuhan pendapatan yang solid ini berdampak pada peningkatan EBITDA yang signifikan sebesar 24% YoY menjadi Rp11,4 triliun, dengan marjin EBITDA mencapai 46,1% di semester pertama 2023. Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk tercatat sebesar Rp1,9 triliun.

"Kami sangat senang dapat melaporkan hasil kinerja perusahaan selama semester I tahun 2023 dengan hasil yang positif," ungkap President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, dalam konferensi pers. "Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh karyawan yang didukung oleh para mitra dan pemegang saham kami, dalam mencapai tujuan bersama yaitu memberdayakan Indonesia."

Salah satu faktor kunci di balik keberhasilan Indosat adalah percepatan integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN). Hal ini terbukti dengan pertumbuhan total pelanggan berkualitas sebesar 4% atau 3,8 juta YoY menjadi 100 juta. Pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) Perseroan juga meningkat menjadi Rp35.800 pada kuartal kedua, dan trafik data naik sebesar 16,8% YoY atau lebih dari 7.000 Petabyte.

"Percepatan integrasi MOCN yang dikombinasikan dengan strategi Go-to-Market yang tepat, membawa kami pada jalur yang tepat dalam memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh pelanggan," tambah Vikram. "IOH ingin terus menjadi kolaborator utama dalam mempercepat transformasi digital Indonesia untuk membuka peluang tanpa batas dan memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat."

Kinerja Indosat di regional East Java & Bali Nusra juga mencatatkan pertumbuhan yang positif. Jumlah pelanggan berkualitas di wilayah ini meningkat lebih dari 1,4 juta pengguna (YoY) atau tumbuh 9 persen. Trafik data 4G juga naik sebesar 13 persen (YoY), dan jumlah pengguna data mencapai 10 persen secara tahunan (YoY).

Sepanjang paruh pertama 2023, total BTS 4G di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara telah bertambah hampir 6.000 unit BTS atau meningkat 26 persen YoY. Hal ini menunjukkan semakin mumpuninya performa jaringan Indosat yang mampu memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggannya.

Dengan pencapaian ini, pelanggan Indosat baik IM3 maupun Tri di seluruh Indonesia kini dapat menikmati jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik, dan pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20% pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.

Jika keberatan atau harus diedit baik Artikel maupun foto Silahkan Laporkan! Terima Kasih

Tags:

Ikuti kami :

Tinggalkan komentar