• Senin, 28 November 2022

Upaya Penyelundupan Calon PMI Ilegal ke Malaysia Digagalkan Polisi

- Minggu, 18 September 2022 | 08:35 WIB
Tersangka dan para calon PMI ilegal yang berhasil diamankan polisi. (NTMC Polri)
Tersangka dan para calon PMI ilegal yang berhasil diamankan polisi. (NTMC Polri)

Gunem.id - Puluhan calon pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal akan dikirimkan ke Malaysia melalui Batam.

Namun, keberangkatan puluhan PMI illegal itu berhasil digagalkan oleh Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kepulauan Riau (Kepri).

Sebanyak 16 orang calon PMI ilegal itu berhasil diselamatkan polisi dari tempat penampungan mereka, Jumat 16 September 2022.

Dikatakan oleh Direktur Polairud Polda Kepri, Kombes. Pol. Boy Herlambang, S.I.K., M.Si. bahwa untuk kasus ini polisi telah menetapkan Abdul Wahid sebagai tesangka.

Baca Juga: Wanita Muda Iran Meninggal Dunia setelah Ditangkap Polisi Syariah karena Masalah Hijab

“Tersangka diamankan dari lokasi penampungan belasan calon PMI ilegal tersebut di Hotel Terang Bintang Komplek Newton, Batam – Kepri. Rencananya calon PMI ilegal akan diseberangkan ke Malaysia melalui Batam,” Direktur Polairud Polda Kepri menjelaskan, dikutip Gunem.id dari laman NTMC Polri, Sabtu 17 September 2022.

Menurut Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Kepri AKBP Sudarsono, awalnya penindakan dilakukan sekitar pukul 22.00 WIB, setelah personil mendapat informasi lokasi penampungan calon PMI yang akan dikirim ke Malaysia.

Penyidikan juga akan terus dilakukan untuk mengejar anggota jaringan PMI ilegal tersebut.

Baca Juga: Petani Palestina Tak Sengaja Temukan Lantai Mozaik Kuno dari Era Bizantium

“Petugas berhasil amankan tersangka yang berusia 30 tahun, warga Inhil, Riau ini dilokasi. Atas dasar Ketentuan UU nomor 18 tahun 2017 Tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, penindakan penyelundupan PMI perairan Kepri menuju Malaysia terus ditingkatkan,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: ntmcpolri.info

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X