• Senin, 28 November 2022

Agensi Hong Kong Dikomplain Majikan karena Mengirimkan PMI Tak Bisa Bahasa Kantonis dan Masak China

- Rabu, 28 September 2022 | 17:19 WIB
Agensi di Hong Kong dikomplain karena mengirimkan kepada majikan pekerja yang tidak kompeten. (mohamed_hassan)
Agensi di Hong Kong dikomplain karena mengirimkan kepada majikan pekerja yang tidak kompeten. (mohamed_hassan)

Gunem.id - Sebuah tayangan di televisi lokal Hong Kong menyiarkan keluhan dari para majikan tentang agensi pekerja migran yang menyediakan pekerja migran yang tak bisa berbahasa Kantonis dan masak masakan ala China.

Dalam program itu ditayangkan seorang majikan ingin mempekerjakan pekerja migran rumah tangga melalui agensi di Yuen Long, sebuah wilayah bagian barat New Territories di Hong Kong.

Menurut majikan dalam siaran itu, ia telah membayarkan sejumlah uang untuk merekrut pekerja migran rumah tangga, tetapi setelah dua tahun berlalu pekerja migran yang dijanjikan tidak kunjung datang sementara agensi menolak untuk mengembalikan uang yang telah dibayarkannya.

Baca Juga: Enam Wanita PMI Taiwan Ditangkap Bersama Majikan karena Kedapatan Bekerja di Ladang Ganja

Dalam program itu juga ditampilkan kasus yang dialami oleh majikan lainnya. Seorang wanita mengaku mengeluhkan kinerja agensi yang sama di mana agensi itu dinilai gagal menyediakan pekerja migran yang pandai bahasa Kantonis sesuai dengan permintaannya.

Selain soal kemampuan bahasa, majikan tersebut juga menginginkan pekerja migran yang tahu cara memasak masakan China.

Tetapi, kenyataan yang ia peroleh adalah, tidak saja pekerja migran rumah tangga itu datang tepat waktu, dia juga tidak lancar berbahasa Kantonis dan tidak pernah melihat wajan China, tidak tahu resep-resep masakan China.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Bola Voli Putri 2022: Setelah Kalah dari Thailand, Turki Bangkit dan Menang 3-0 atas Korea

Dalam wawancara, pekerja migran tersebut mengaku hanya bisa memasak “indomie” goreng.

Penanggung jawab agensi yang dimaksud menjawab tudingan para majikan itu dengan mengatakan bahwa pekerja migran rumah tangga yang didatangkannya telah melakukan wawancara melalui konferensi video dan bersikeras bahwa pekerja migran tersebut telah dilatih di kota asalnya.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Dimsumdaily.hk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X