• Senin, 28 November 2022

Mulai 1 Oktober 2022 Gaji dan Uang Tunjangan Makan Pekerja Migran Rumah Tangga di Hong Kong Naik

- Jumat, 30 September 2022 | 20:22 WIB
Mulai 1 Oktober 2022 gaji dan tunjangan bagi pekerja migran di Hong Kong dinaikkan. -FOTO ILUSTRASI (jordandemuth)
Mulai 1 Oktober 2022 gaji dan tunjangan bagi pekerja migran di Hong Kong dinaikkan. -FOTO ILUSTRASI (jordandemuth)

Gunem.id - Pemerintah Hong Kong mengumumkan gaji dan tunjangan makan bagi pekerja migran rumah tangga di Hong Kong naik mulai 1 Oktober 2022. Pengumuman ini secara resmi disiarkan dalam website labor.gov.hk pada hari ini, Jumat, 30 September 2022.

Gaji mengalami kenaikan sebanyak HK$100 dari yang sebelumnya HK$4.630 menjadi HK$4.730, sementara uang tunjangan makan naik HK$23 dari yang sebelumnya minimal HK$1.173 menjadi tidak kurang dari HK$1.196 per bulan.

Baca Juga: Mahasiswi HK Tewas di Toilet Kuil Lungshan di Taipei, Meninggalkan Pesan Ganjil soal Dunia Spiritual

Dalam keterangan, juru bicara pemerintah mengatakan “Pemerintah meninjau MAW untuk FDHs secara teratur. Sesuai dengan praktik yang telah ditetapkan, kami telah mempertimbangkan dengan cermat kondisi ekonomi dan pasar tenaga kerja umum Hong Kong selama setahun terakhir, serta prospek ekonomi jangka pendek Hong Kong, termasuk dampak pandemi COVID-19.

“Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, keterjangkauan pemberi kerja dan mata pencaharian PRTA, Pemerintah telah memutuskan untuk menyesuaikan tingkat MAW. Pemerintah juga telah meninjau tunjangan makan sebagai pengganti makanan gratis, dan memutuskan untuk meningkatkan tingkat tunjangan.”

Baca Juga: Kecanduan Sabu, Putri Almarhum Pedangdut Imam S Arifin Nekat Mencuri Belasan Sepeda Motor

Di bawah Kontrak Kerja Standar untuk mempekerjakan pekerja migran rumah tangga, majikan diwajibkan untuk memberikan makanan secara gratis bagi pekerjanya. Saat ini, menurut pemerintah, sebagian besar majikan memberikan makanan gratis kepada pekerjanya.

Namun demikian, majikan bisa memilih untuk memberikan uang tunjangan makan sebagai ganti jika tidak mau menyediakan makanan yang gratis.

Kontrak pekerja migran rumah tangga yang ditandatangani hari ini atau sebelum hari ini di besaran gajinya tidak berubah, tetap sebesar $4.630 per bulan dan dengan tunjangan makanan tidak kurang dari $1.173 per bulan.

Baca Juga: Protes Iran Atas Kematian Aktivis Mahsa Amini Terus Berlanjut, Dilaporkan Total 83 Orang Tewas

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: www.fdh.labour.gov.hk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X