• Senin, 30 Januari 2023

5 ABK Indonesia Selamat, 12 Lainnya Belum Ditemukan setelah Kapal Mereka Diterjang Badai di Perairan Taiwan

- Kamis, 3 November 2022 | 12:53 WIB
Lima ABK asal Indonesia yang ditemukan selamat. (taiwannews.com.tw)
Lima ABK asal Indonesia yang ditemukan selamat. (taiwannews.com.tw)

Gunem.id - Lima anak buah kapal (ABK) Indonesia selamat, sementara 12 lainnya masih belum ditemukan setelah kapal barang berbendera Panama yang mereka tumpangi  karam diterjang badai tropis Nalgae di perairan Taiwan pada Senin, 31 Oktober 2022.

Kapal barang pengangkut semen tersebut diidentifikasi sebagai Kapal Shin Shuen No.1. Kapal mengalami kerusakan mesin utama di lepas pantai Changhua Taiwan pada Senin, 31 Oktober 2022. Kapal miring sebelum kemudian terisi air karena dihantam badai tropis Nalgae.

Sebanyak 17 ABK mencoba menyelamatkan diri dengan menaiki 3 kapal sekoci. Pada Selasa, 1 November, dua sekoci ditemukan kosong di laut 23,5 mil laut dan 21 mil laut di barat daya Bandara Penghu, Taiwan.

Dari 17 anggota awak kapal tersebut, lima orang berhasil diselamatkan oleh kapal kontainer Evergreen Marine Corp. yang sedang berada di dekat lokasi kejadian, sementara 12 orang lainnya kini masih dalam pencarian.

Kapal kontainer Evergreen tiba di Pelabuhan Taichung pada Rabu pagi, dan kelima ABK yang selamat itu kini ditempatkan di hotel setelah melewati bea cukai Taiwan.

Penjaga Pantai dan Korps Layanan Lintas Udara Nasional (NASC) Taiwan sedang melakukan pencarian laut dan udara untuk para pelaut yang masih belum ditemukan.

NASC mengirim enam helikopter untuk pencarian, sementara Penjaga Pantai mengirim empat kapal besar.[e]*

 

Editor: Bonari

Sumber: Taiwannews.com.tw

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X