• Kamis, 18 Agustus 2022

Kenali Efek Stres pada Tubuh Anda; Mulai dari Sembelit hingga Penurunan Libido

- Minggu, 29 Mei 2022 | 17:00 WIB
Efek stress pada tubuh (pexels/Pedro Figueras)
Efek stress pada tubuh (pexels/Pedro Figueras)



Gunem.id - Stres adalah reaksi fisik dan mental alami terhadap pengalaman hidup yang dialami seseorang. Setiap orang mengalami stres dari waktu ke waktu.

Stres bisa timbul dari tanggung jawab sehari-hari seperti pekerjaan dan keluarga hingga peristiwa kehidupan yang serius seperti diagnosis kesehatan baru, perang, atau kematian orang yang dicintai.

Tubuh Anda merespons stres dengan melepaskan hormon yang meningkatkan detak jantung dan pernapasan Anda serta menyiapkan otot Anda untuk merespons.

Baca Juga: Cara Menyeimbangkan Kebutuhan Informasi dan Menghindari Stress

Namun jika respons stres Anda terus-menerus bekerja, sehingga terjadi peningkatan stress yang bisa diperlukan untuk bertahan hidup, stres bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Stres kronis dapat menyebabkan berbagai gejala dan mempengaruhi kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Gejala stres kronis meliputi: sifat lekas marah, kecemasan, depresi, sakit kepala. insomnia

Sistem saraf pusat dan endokrin

Sistem saraf pusat (SSP) Anda bertanggung jawab atas respons "lawan atau lari" Anda. Di otak Anda, hipotalamus memberitahu kelenjar adrenal Anda untuk melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol.

Baca Juga: Ucapan Selamat Tinggal Roman Abramovich Setelah 19 Tahun Menjadi Pemilik Chelsea

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: healthline.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Biarkan Otak Kita Menjadi terlalu Panas

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:00 WIB
X