• Selasa, 27 September 2022

Kabar Baik: Dalam Sebuah Percobaan dengan Imunoterapi Kanker Anus Sembuh Total

- Rabu, 8 Juni 2022 | 00:03 WIB
Usus. Dalam sebuah percobaan, kanker usus dapat disembuhkan total tanpa kemo, tanpa pembedahan. FOTO Ilustrasi. (JimCoote)
Usus. Dalam sebuah percobaan, kanker usus dapat disembuhkan total tanpa kemo, tanpa pembedahan. FOTO Ilustrasi. (JimCoote)

Gunem.id - Dokter telah berhasil menyembuhkan kanker anus pada pasien berkat percobaan obat eksperimental.

Ahli onkologi di Memorial Sloan Kettering Cancer Center (MSK) di New York menemukan bahwa tes terbaru pasien tidak menunjukkan bukti kanker.

Perawatan menggunakan imunoterapi yang memanfaatkan sistem kekebalan tubuh sendiri sebagai sekutu untuk melawan kanker.

Sascha Roth, pasien pertama dalam uji klinis yang melibatkan imunoterapi telah menjalani perawatan selama enam bulan.

Untuk pertama kalinya, uji klinis MSK menyelidiki apakah imunoterapi saja dapat mengalahkan kanker anus yang belum menyebar ke jaringan lain, pada subset pasien yang tumornya mengandung mutasi genetik tertentu.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aquarius dan Pisces, Berlaku Hari Rabu, 8 Juni 2022

Sebagai pasien pertama yang mendaftar dalam uji coba, tim peneliti cemas bahwa pengalaman Roth mungkin terbukti tidak biasa, tetapi hasil luar biasa yang sama terulang pada semua 14 orang dalam uji coba.

Dalam setiap kasus, kanker anus menghilang setelah imunoterapi — tanpa memerlukan perawatan standar radiasi, pembedahan, atau kemoterapi — dan kanker tidak kembali pada pasien mana pun, yang telah bebas kanker hingga dua tahun.

'Sangat menyenangkan mendapatkan air mata bahagia dan email bahagia dari pasien dalam penelitian ini yang menyelesaikan perawatan dan menyadari, "Ya Tuhan, saya dapat mempertahankan semua fungsi tubuh normal saya yang saya khawatirkan akan hilang karena radiasi atau operasi," kata Dr. Andrea Cercek, ahli onkologi medis yang mengerjakan percobaan tersebut.

Para pasien dalam penelitian ini memiliki tumor dengan susunan genetik spesifik yang dikenal sebagai mismatch repair-deficient (MMRd) atau ketidakstabilan mikrosatelit (MSI).

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Metro.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asam Urat Tinggi, Tangkal Jus,Berikut Resepnya

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 07:18 WIB

Jangan Biarkan Otak Kita Menjadi terlalu Panas

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:00 WIB
X