• Kamis, 18 Agustus 2022

Penyakit Misterius di Korea Utara Sudah Menginfeksi 800 Keluarga

- Selasa, 21 Juni 2022 | 06:00 WIB
Perkembangan kabar penyakit misterius di Korea Utara (daniel_diaz_bardillo)
Perkembangan kabar penyakit misterius di Korea Utara (daniel_diaz_bardillo)

Gunem.id - Dilaporkan, sedikitnya 800 keluarga menderita wabah penyakit misterius yang muncul dan menyebar di Korea Utara.

Rezim rahasia sejauh ini hanya menggambarkan kondisi tersebut sebagai 'epidemi enterik akut' - tetapi pejabat Korea Selatan percaya itu mungkin kolera atau tipus.

Itu terjadi ketika pejabat dari pemerintah Kim Jong-un mengakui bahwa sekitar 19.000 kasus baru Covid-19 telah terdeteksi secara terpisah di negara itu, dengan pandemi mengoyak sebagian besar populasi yang tidak divaksinasi.

Baca Juga: Fitur WhatsApp Baru Akan Membuat Panggilan Grup Menjadi Lebih Mudah

Kru medis dan penyelidik epidemiologi, dikutip Gunem.id dari Metro, telah dikirim ke provinsi tersebut untuk memerangi penyakit usus, menurut laporan media pemerintah hari Minggu, 19 Juni 2022.

Sejauh ini sedikitnya 800 keluarga dikatakan telah menerima bantuan di Provinsi Hwanghae Selatan.

'Enterik' berarti saluran pencernaan – membuat pejabat Korea Selatan percaya bahwa 'epidemi enterik akut' sebenarnya adalah kolera atau tipus. Spekulasi sebelumnya juga menyebut disentri sebagai salah satu terduganya.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar, Beserta Jam Tayang TV dan Stadion

Penyakit tersebut disebabkan oleh kuman dari makanan atau air yang terkontaminasi – atau kontak dengan kotoran orang yang terinfeksi – dan penyakit seperti itu terjadi secara rutin di negara ini, karena tidak memiliki fasilitas pengolahan air yang baik.

Namun, sejauh ini para pejabat Korea Utara belum merinci apa itu – yang mengarah ke spekulasi bahwa rezim tersebut mungkin menggunakan wabah yang tidak biasa untuk meningkatkan citra Kim dengan menawarkan bantuan.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Metro.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Biarkan Otak Kita Menjadi terlalu Panas

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:00 WIB
X