• Selasa, 27 September 2022

Cara Sederhana Tes Covid-19 Cukup dengan Usap Kulit: Sedang Diteliti

- Kamis, 21 Juli 2022 | 20:00 WIB
Kelak tes covid-19 dimungkinkan menggunakan cara yang lebih sederhana. (Alexandra_Koch)
Kelak tes covid-19 dimungkinkan menggunakan cara yang lebih sederhana. (Alexandra_Koch)

Gunem.id - Banyak orang beranggapan bahwa tes Covid-19 – yang biasanya melibatkan usapan di hidung dan seringkali tenggorokan – invasif, tidak nyaman, dan kadang bahkan menyakitkan.

Metode tes Covid-19 yang jauh lebih sederhana dan tidak menimbulkan perasaan rishi, apalagi sakit, yakni dengan hanya mengusap kulit, sedang diupayakan oleh Para peneliti di University of Surrey.

Saat Anda menyeka kulit dengan kapas, ia mengumpulkan zat berminyak dan berlilin yang diproduksi tubuh Anda yang disebut sebum.

Para ilmuwan sudah mengetahui bahwa Covid-19 dapat berdampak besar pada komposisi cairan tubuh, termasuk zat lilin ini.

Jadi, tim memutuskan untuk membandingkan seberapa akurat mereka dapat mendeteksi infeksi Covid-19 dalam sebum, darah, dan air liur.

Untuk melakukannya, mereka terlebih dahulu merekrut 83 pasien rumah sakit, 40 di antaranya telah dinyatakan positif pada tes PCR. Yang lain memiliki gejala seperti Covid-19, tetapi telah dites negatif.

Tim mengambil sampel darah, sebum dan air liur dari pasien, beberapa di antaranya tidak memberikan ketiga cairan tersebut.

Para peneliti kemudian menganalisis sampel mereka untuk menguji seberapa akurat mereka dapat mendeteksi infeksi Covid-19.

Mengukur sensitivitas pada skala dari nol hingga 1, di mana yang paling akurat, mereka menemukan bahwa sampel darah adalah cairan terbaik untuk mendeteksi penyakit, mencapai skor 0,97.

Sebum adalah pilihan terbaik berikutnya, mendapatkan skor 0,88. Air liur, yang mencetak 0,8, menawarkan hasil yang paling tidak akurat.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Metro.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asam Urat Tinggi, Tangkal Jus,Berikut Resepnya

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 07:18 WIB

Jangan Biarkan Otak Kita Menjadi terlalu Panas

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:00 WIB
X