• Selasa, 27 September 2022

Wabah Cacar Monyet Dinyatakan sebagai Darurat Kesehatan Global, Inilah yang Perlu Anda Tahu

- Minggu, 24 Juli 2022 | 17:45 WIB
Ilustrasi virus  Cacar Monyet  (PIXABAY/SamuelFrancisJohnson)
Ilustrasi virus Cacar Monyet (PIXABAY/SamuelFrancisJohnson)

 

Gunem.id - Cacar monyet atau yang dikenal dengan monkeypox resmi ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Minggu, 24 Juli 2022.

Penetapan tersebut telah disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah konferensi pers.

"Saya telah memutuskan bahwa wabah cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," ujar Tedros mengutip keterangan WHO pada Minggu (24/7/2022).

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries dan Taurus Berlaku Hari Senin, 25 Juli 2022

Menurut WHO, cacar monyet adalah penyakit akibat virus yang berasal dari hewan dan biasanya ditemukan di daerah hutan hujan tropis Afrika Tengah dan Barat. Penyakit ini sudah menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

Dilansir Gunem.id dari Centers for Disease Contol and Prevention (CDC) Amerika Serikat, monkeypox adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet adalah bagian dari keluarga virus yang sama dengan virus variola, virus yang menyebabkan cacar.

Gejala cacar monyet mirip dengan gejala cacar, tetapi lebih ringan, dan cacar monyet jarang berakibat fatal. Monkeypox tidak berhubungan dengan cacar air.

Baca Juga: Sutradara Alienoid: Ingin Membuat Film Menghibur seperti Avenger Rasa Korea

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: cdc.gov

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asam Urat Tinggi, Tangkal Jus,Berikut Resepnya

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 07:18 WIB

Jangan Biarkan Otak Kita Menjadi terlalu Panas

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:00 WIB
X