• Selasa, 27 September 2022

Tes Darah 'Cawan Suci' Mendiagnosis Kanker Bertahun-tahun sebelum Gejalanya Muncul

- Senin, 25 Juli 2022 | 10:41 WIB
Harapan baru untuk penyembuhan kanker, cara deteksi dini dengan tes darah 'cawan suci.' --Ilustrasi. (qimono)
Harapan baru untuk penyembuhan kanker, cara deteksi dini dengan tes darah 'cawan suci.' --Ilustrasi. (qimono)

Gunem.id - Tes darah 'cawan suci' yang dapat mendiagnosis semua jenis kanker bertahun-tahun sebelum gejala muncul bisa jadi akan segera dapat dilakukan.

Melalui tes darah ‘cawan suci’ para ilmuwan telah menemukan protein yang dilepaskan pada tahap awal penyakit – ketika tumor paling dapat disembuhkan.

Protein tersebut diproduksi oleh gen bernama KRAS - mutasi paling sering di semua tumor termasuk paru-paru, usus dan pankreas.

Deteksi dini untuk kanker dengan tes darah ‘cawan suci’ ini akan menyadi terobosan yang menawarkan harapan program skrining sederhana untuk individu yang berisiko - seperti orang yang lebih tua atau orang yang rentan secara genetik.

Tes darah ‘cawan sudi’ bekerja dengan mencari perubahan kimia dalam fragmen kode genetik yang bocor dari tumor ke dalam aliran darah.

Penulis utama Dr Daniel Kim, dari University of California, Santa Cruz, dikutip Gunem.id dari Metro, mengatakan: "Semakin cepat Anda mendeteksi seseorang menderita kanker, semakin besar kemungkinan mereka untuk bertahan hidup melalui perawatan dan pembedahan."

'Jutaan orang meninggal karena kanker setiap tahun di seluruh dunia, dan ada kebutuhan mendesak untuk mengembangkan tes diagnostik yang sangat sensitif dan spesifik yang memungkinkan deteksi dini kanker, sebelum menyebar ke bagian lain dari tubuh.'

Gen KRAS mengatur RNA (asam ribonukleat) – molekul yang 'menerjemahkan' instruksi yang dikodekan dalam DNA kita.

Eksperimen laboratorium menemukan varian pemicu kanker salah mengaktifkan yang lain - yang dapat dideteksi dalam darah melalui pengurutan, atau pemetaan.

Dr Kim percaya itu adalah alat yang sangat menjanjikan untuk mendiagnosis kanker pada tahap awal.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Metro.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asam Urat Tinggi, Tangkal Jus,Berikut Resepnya

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 07:18 WIB

Jangan Biarkan Otak Kita Menjadi terlalu Panas

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:00 WIB
X