• Minggu, 27 November 2022

Ditemukan Virus Mirip Covid pada Kelelawar di Rusia, Kebal Antibodi, Diperlukan Vaksin Baru

- Rabu, 28 September 2022 | 09:41 WIB
Ditemukan virus mirip covid pada kelelawar di Rusia, para peneliti memandang perlunya vaksin baru. =FOTO ILUSTRASI (Syaibatulhamdi)
Ditemukan virus mirip covid pada kelelawar di Rusia, para peneliti memandang perlunya vaksin baru. =FOTO ILUSTRASI (Syaibatulhamdi)

Gunem.id - Ditemukan adanya virus mirip Covid pada kelelawar di Rusia, dan kabar buruknya lagi, virus ini kebal terhadap antibodi.

Dikabarkan, para peneliti yang menyelidiki virus kelelawar yang baru ditemukan telah menyerukan pengadaan vaksin universal yang dapat mengatasi berbagai penyakit.

Mereka percaya virus itu, yang ditemukan pada kelelawar tapal kuda Rusia di bagian barat negara itu, berpotensi menginfeksi manusia.

Hasil pengujian mengungkapkan bahwa virus itu tidak dapat dinetralisir oleh vaksin yang ada, atau oleh antibodi dari orang yang sudah memiliki omicron.

Meskipun mereka tidak berpikir itu mungkin menyebabkan penyakit pada manusia dalam bentuknya saat ini, para ilmuwan khawatir itu bisa bercampur dengan virus lain yang bisa menginfeksi.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Bola Voli Putri FIVB 2022: Kenya Raih Kemenangan Perdana

Virus - Khosta-2 - adalah anggota dari kelompok coronavirus yang sama dengan SARS-CoV-2, yang menyebabkan Covid-19.

Tim peneliti dari Washington State University di AS mengatakan bahwa pengujian mereka menunjukkan, vaksin yang lebih luas yang melindungi terhadap seluruh kelompok virus ini – sarbecovirus – diperlukan.

Ahli virologi, Michael Letko, yang ikut menulis studi tentang virus tersebut, dikutip Gunem.id dari Metro mengatakan:

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Bola Voli Putri FIVB 2022 : Rekap Hasil Pertandingan Tanggal 27 September 2022

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Metro.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X