• Minggu, 27 November 2022

Jurnal Farmasi Imbau Remaja untuk Waspada dengan Obat Epilepsi yang Dipromosikan sebagai 'Obat Diet' di Medsos

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:31 WIB
Ilustrasi - Obat Diet yang ternyata obat epilepsi  (Pixabay)
Ilustrasi - Obat Diet yang ternyata obat epilepsi (Pixabay)

Gunem.id - Sebuah investigasi yang dilakukan oleh The Pharmaceutical Journal menyerukan pengguna media sosial TikTok untuk waspada pada obat epilepsi yang ditawarkan sebagai obat diet..

Berdasarkan temuan The Pharmaceutical Journal, remaja yang menggunakan Tiktok dan mencari istilah “pil diet” akan dibombardir dengan informasi termasuk promosi beberapa obat yang digunakan untuk tujuan lain.

Jurnal tersebut menganalisis 100 posting pengguna populer di bawah tagar #dietpills dan menemukan bahwa beberapa mengarahkan penggunaan obat resep dokter saja untuk kondisi termasuk epilepsi, kecanduan alkohol dan migrain.

Baca Juga: Info Lokasi dan Jam Buka Gerai Layanan SIM Keliling Surabaya Hari Senin 3 Oktober 2022

British Dietetic Association mengatakan kepada jurnal tersebut: "Klaim diet yang tidak realistis dan remaja yang menggunakan TikTok yang mencari istilah "pil diet" dibombardir dengan informasi, termasuk promosi beberapa obat yang digunakan untuk tujuan lain.”

Masih menurut The Pharmaceutical Journal, klaim diet yang tidak realistis dan tidak didukung oleh sains berbasis bukti di media sosial dapat berbahaya berapa pun usia Anda. Namun, untuk di bawah 16 tahun, hal itu dapat memiliki konsekuensi yang sangat nyata.

Seorang juru bicara TikTok mengatakan kepada jurnal: "Pedoman Komunitas kami menjelaskan bahwa kami tidak mengizinkan promosi atau perdagangan zat yang dibatasi peredarannya, termasuk obat penurun berat badan yang diresepkan, dan kami akan menghapus konten yang melanggar kebijakan ini."

Baca Juga: Bahttera Rumah Tangga Lesti Kejora Rizky Billar di Tengah Badai, dari Perselingkuhan ke KDRT

The Pharmaceutical Journal melaporkan bahwa raksasa media sosial itu menghapus beberapa video setelah melaporkannya.[e]*

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: Thestar.com.my

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X