• Kamis, 1 Juni 2023

WHO Peringatkan Tentang Potensi Wabah Flu Burung, Setelah Strain H5N1 Menjangkiti Mamalia

- Kamis, 9 Februari 2023 | 11:08 WIB
Bahaya virus Flu burung yang berpotensi menjangkiti manusia (Pixabay / berndfocken)
Bahaya virus Flu burung yang berpotensi menjangkiti manusia (Pixabay / berndfocken)

Gunem.id - Direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, memperingatkan dunia tentang potensi pandemi flu burung pada manusia, setelah strain tersebut berpindah dari unggas ke mamalia.

Kasus strain H5N1 dilaporkan pada berang-berang, cerpelai, dan rubah, memicu kekhawatiran bahwa virus tersebut selangkah lebih dekat untuk menyebar ke manusia.

“Resiko virus menular ke manusia masih rendah, tetapi kami tidak dapat berasumsi bahwa itu akan tetap terjadi dan kami harus bersiap,” kata Tedros Ghebreyesus dikutip Gunem.id dari Dailymail.

Baca Juga: Inilah Info Lokasi dan Jam Buka Gerai Layanan SIM Keliling Sumedang, Hari Sabtu 11 Februari 2023

H5N1 sebelumnya telah terdeteksi pada manusia, tetapi kasusnya bersifat sporadis dan terkait erat dengan kontak dekat dengan unggas mati atau hidup yang terinfeksi.

Virus ini tidak mudah menginfeksi manusia atau mamalia, namun laporan infeksi pada mamalia telah menimbulkan kekhawatiran bahwa patogen dapat bermutasi dan menginfeksi manusia.

Amerika menghadapi wabah besar flu burung tahun ini, dengan lebih dari 58 juta unggas terdampak di hampir setiap negara bagian serta menjangkiti 6.100 unggas liar.

Baca Juga: Shafeea Ahmad Putri Ahmad Dhani dan Mulan Jameela, Dul Jaelani Unggah Fotonya Bersama Sang Adik

WHO memperingatkan bahwa strain H5N1 yang menjangkiti cerpelai dapat menyebabkan peristiwa rekombinasi, ketika dua virus mengganti materi genetik untuk membuat hibrida baru.

Proses serupa diperkirakan telah menyebabkan krisis flu babi global tahun 2009 yang menginfeksi jutaan orang di seluruh planet ini.

Fenomena biologis yang sama juga terlihat selama pandemi Covid, dengan munculnya Deltacron (kombinasi varian Delta dan Omicron), yang terdeteksi di Prancis Februari lalu.

Baca Juga: Korban Tewas Gempa Bumi di Turki Capai 12 Ribu Orang,Evakuasi Terhambat

Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah memperingatkan bahwa wabah flu burung adalah yang paling mungkin memicu pandemi berikutnya.

Ini bisa melihat strain flu burung yang mematikan bergabung dengan flu musiman yang menular.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: dailymail.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X