• Selasa, 27 September 2022

Inilah Jumlah Populasi Semut di Seluruh Dunia yang Berhasil Diungkap para Peneliti

- Kamis, 22 September 2022 | 19:32 WIB
'Sudah diketahui': jumlah semut di dunia. (AnishRoy)
'Sudah diketahui': jumlah semut di dunia. (AnishRoy)

Gunem.id - Para peneliti dari University of Hong Kong, melakukan sensus terhadap populasi semut yang hidup di seluruh penjuru dunia.

Menurut para peneliti, ada 20.000.000.000.000.000 atau 20 ribu triliun ekor semut di Bumi dan hidup berdampingan dengan manusia.

Jumlah itu kira-kira 2,5 juta semut per orang di Bumi, dengan populasi manusia kira-kira 7,8 miliar, menurut Bank Dunia.

Hasil penelitian itu diterbitkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Baca Juga: Bukan Tidak Akur dengan Tetangga, Inilah Fakta Jenazah Viral Diantar Perangkat Desa ke Pemakaman

Untuk menentukan populasi semut yang menghuni planet ini, para ilmuwan menganalisis hampir 500 studi populasi semut dari seluruh dunia, dari seluruh benua dan jenis habitat.

“Angka tersebut antara dua hingga 20 kali lebih tinggi dari perkiraan populasi semut dunia sebelumnya,” kata para peneliti dikutip Gunem.id dari USA Today.

“Studi ini merupakan salah satu perkiraan sistematis yang berbasis bukti pertama,” kata Mark Wong, salah satu rekan penulis studi yang berafiliasi dengan sekolah ilmu biologi di The University of Hong Kong dan The University of Western Australia.

Baca Juga: Taiwan akan Akhiri Aturan Wajib Karantina bagi Pendatang Mulai Oktober

Dalam penelitiannya, tim peneliti melakukan pekerjaan lapangan yang membosankan, yakni mengumpulkan sampel semut menggunakan metode perangkap standar, yang memungkinkan mereka membuat ekstrapolasi yang lebih akurat dan asumsi yang lebih sedikit.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: usatoday.com

Tags

Terkini

X