• Selasa, 27 September 2022

Beberapa Peristiwa Kepunahan Besar di Bumi yang Dipicu oleh Letusan Gunung Berapi

- Jumat, 23 September 2022 | 09:36 WIB
Letusan gunung berapi. (AlexAntropov86)
Letusan gunung berapi. (AlexAntropov86)

Gunem.id - Sepanjang sejarahnya, bumi telah ditandai dengan sejumlah letusan gunung berapi besar, yang beberapa di kepunahanantaranya berpengaruh terhadap perubahan iklim dan biologis, sehingga memicu beberapa peristiwa kepunahan paling dahsyat dalam sejarah Bumi.

Sebuah studi baru oleh Trinity College Dublin mengungkap bahwa perlambatan pergerakan lempeng benua adalah peristiwa penting yang memungkinkan magma naik ke permukaan bumi dan memberikan dampak yang menghancurkan.

Baca Juga: Pemkot Blitar Sponsori Gelaran “Road to Kilau Raya Joget in Blitar”, Tampilkan Seni Rakyat dan Artis Papan Ata

Penemuan mengejutkan ini didasarkan pada data kimia dari endapan batu lumpur kuno, yang diperoleh dari lubang bor sedalam satu mil di Wales.

"Para ilmuwan telah lama berpikir bahwa munculnya batuan vulkanik cair atau magma, dari dalam interior bumi sebagai gumpalan mantel, adalah pemicu aktivitas super vulkanik," kata Dr Micha Ruhl dari Trinity College Dublin dikutip Gunem.id dari Dailymail.

“Tetapi bukti baru menunjukkan bahwa laju normal pergerakan lempeng benua beberapa sentimeter per tahun secara efektif mencegah magma menembus kerak benua bumi,” lanjutnya.

Baca Juga: Inilah Jumlah Populasi Semut di Seluruh Dunia yang Berhasil Diungkap para Peneliti

“Tampaknya hanya ketika kecepatan pergerakan lempeng benua melambat hingga mendekati nol, magma dari mantel bumi dapat secara efektif muncul ke permukaan, menyebabkan letusan gunung berapi besar dan gangguan iklim, serta kepunahan massal,” pungkasnya.

Gunung berapi terbesar di dunia terletak di daerah yang disebut Large Igneous Provinces (LIPs).

Ini termasuk wilayah Siberian Traps di Rusia, yang membentang lebih dari 500.000 mil persegi dan merupakan lokasi aktivitas vulkanik epik selama hampir satu juta tahun.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: dailymail.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X