Gunem.id – Kopi nusantara siap mendunia! Java Coffee Culture (JCC) dan Festival Peneleh 2024 yang baru saja berakhir sukses menjadi ajang promosi kopi dan wisata sejarah di Kota Surabaya. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, bahkan menaruh harapan besar pada festival ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.
Related Post
"Mari kita manfaatkan momentum JCC dan Festival Peneleh 2024 ini untuk terus berinovasi bersama dalam meningkatkan kualitas dan mempromosikan kopi nusantara ke dunia," ujar Sandiaga Uno.
JCC dan Festival Peneleh 2024 sendiri merupakan inisiasi dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya.
"Bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Kota Surabaya, JCC dan Festival Peneleh bertujuan mengoptimalisasi potensi komoditas unggulan kopi dan wisata sejarah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ungkap Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti.
Antusiasme masyarakat terhadap acara ini sangat tinggi. Tercatat lebih dari 25 ribu pengunjung memadati acara baik secara offline maupun virtual. Di Jalan Tunjungan, lebih dari 19 ribu pengunjung menikmati JCC, sementara Festival Peneleh dikunjungi sekitar 3.200 orang.
Tak hanya itu, JCC dan Festival Peneleh 2024 juga berhasil mencatatkan transaksi bisnis yang menggembirakan. Nilai transaksi pada business matching JCC tahun ini mencapai Rp30 miliar, melampaui target awal sebesar Rp16 miliar.
Dengan mengusung tema "Sinergi dalam Secangkir Kopi Pengupas Potensi Ekonomi & Harmoni Bangsa", JCC dan Festival Peneleh 2024 sukses menjadi wadah bagi para pelaku usaha kopi dan wisata untuk saling berkolaborasi dan memperkenalkan produk mereka kepada dunia.
Tinggalkan komentar
Anda harus masuk untuk berkomentar.