• Selasa, 27 September 2022

Korlantas Polri akan Blokir STNK Pelanggar yang Tidak Membayar Denda Tilang ETLE

- Kamis, 31 Maret 2022 | 14:00 WIB
Tidak bayar denda tilang ETLE STNK akan diblokir
Tidak bayar denda tilang ETLE STNK akan diblokir

Gunem.id - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menegaskan pihaknya akan blokir STNK pelanggar aturan batas kecepatan di jalan tol yang tidak membayar denda.

Sesuai peraturan terbaru berkendara di jalan Tol, pengemudi tidak boleh mengendarai kendaraan dengan kecepatan lebih dari 120 km/jam.

Direktur Penegak Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Drs. Aan Suhanan, MSi., menjelaskan mekanisme itu dilakukan seiring dengan penempatan kamera tilang elektronik atau ETLE di Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

"Kalau pelanggar tidak bayar maka langkah berikutnya adalah pemblokiran STNK. Jadi pada saat pembayaran pengesahan tahunan STNK maka harus bayar dulu denda tilang," kata Aan Suhanan dikutip Gunem.id dari laman humas.polri Kamis, 31 Maret 2022.

Baca Juga: Bruce Willis, Bintang Hollywood yang Meredup karena Afasia

Melalui ETLE, Kepolisian tidak lagi melakukan penyitaan terhadap surat kendaraan apabila pengendara kendaraan bermotor melakukan pelanggar.

Menurut Dirgakum Korlantas Polri, para pelanggar nantinya akan mendapat notifikasi atau pemberitahuan apabila tertangkap kamera ETLE melakukan pelanggaran di jalan tol.

"Nanti akan ada surat konfirmasi sesuai alamat STNK, kalau sudah download aplikasi ETLE bisa langsung dapat notifikasi dan konfirmasi, serta bisa langsung bayar kalau ada mobile banking," kata Aan Suhanan.

Aan Suhanan juga menjelaskan bahwa kebijakan tersebut dilakukan untuk mengurangi interaksi antara pelanggar dengan petugas kepolisian.

Baca Juga: Terkena Afasia, Bruce Willis Pensiun dari Dunia Film

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Humas Polri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Magnitudo 2,7 Mngguncang Pesawaran, Lampung

Senin, 26 September 2022 | 10:23 WIB

Gempa Magnitudo 4,5 Mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat

Senin, 26 September 2022 | 09:26 WIB
X