• Kamis, 6 Oktober 2022

Anomali Cuaca di Wiyah Jawa Timur, Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang, Rob, dan Banjir Bandang

- Selasa, 14 Juni 2022 | 09:52 WIB
Anomali cuaca di JAwa Timur, waspadai hujan disertai angin kencang, rob, dan banjir bandang. (WKIDESIGN)
Anomali cuaca di JAwa Timur, waspadai hujan disertai angin kencang, rob, dan banjir bandang. (WKIDESIGN)

Gunem.id – Wilayah Jawa Timur mengalami anomali cuaca yang antara lain dapat mengakibatkan terjadinya hujan disertai angin kencang sesaat, banjir bandang, banjir rob, diprakirakan dapat terjadi karena anomali cuaca di wilayah Jawa Timur.

Berkaitan dengan anomali cuaca di Jawa Timur itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Juanda, Sidoarjo mengeluarkan siaran pers tertulis untuk dipedomani warga masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan.

Terkait anomali cuaca Jawa Timur teersebut, erikut ini siaran pers tertulis teresbut, dikutip Gunem.id dari Instagram @infobmkgjuanda:

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3,6 Mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat

Secara umum beberapa hari belakangan ini masih tedapat hujan dengan intensitas bervariasi dari ingan, sedang, bahkan lebat di wilayah Jawa Timur.

Hal tersebut terjadi sebagai dampak La Nina moderate dan adanya gangguan fenomena golombang ekuatorial seperti Rossby, Kevin, Low Frekuensi, dan MUO di sekitar Jawa Timur.

Selain tu, suhu muka laut perairan Jawa iemur yang masih hangat dengan anomal suhu muka lat antara +1.0s/d + 30°C.

Baca Juga: Kumpulan Doa Arwah untuk Ibu dan Ayah serta Jamak dalam Latin dan Arti Bahasa Indonesia

Adanya gangguan atmoster yang signifikan menyebabkan kondisi atmoster menjadi labil, sehingga berpengaruh dalam pembentukan awan-awan Cumulonimbus yang akan semakin intens dan dapat mengakibatkan hujan dengan intenstas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat.

Pada tahun ini masih berpotensi terjadi hujan pada pertengahan tahun dan pada umumnya hujan bersifat lebih basah daripada normalnya pada bulan Juni - Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Instagram @infobmkgjuanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X