• Minggu, 26 Juni 2022

30 Sekolah Milik Khilafatul Muslimin Tidak Terdaftar di Kemenag

- Jumat, 17 Juni 2022 | 08:40 WIB
Khilafatul Muslimin punya 30 sekolah yang diklaim sebagai pondok pesantren tetapi tidak terdaftar di Kemenag. (Instagram @khilafatulmusliminactivity)
Khilafatul Muslimin punya 30 sekolah yang diklaim sebagai pondok pesantren tetapi tidak terdaftar di Kemenag. (Instagram @khilafatulmusliminactivity)

Gunem.id - Sebanyak 30 sekolah di Indonesia terafiliasi ajaran Khilafatul Muslimin, diungkap Polda Metro Jaya.

Pesantren Khilafatul Muslimin, ditegaskan oleh Waryono, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag, tidak terdaftar di Kementerian Agama.

Dikutip Gunem.id dari laman Kemenag,” Waryono di Jakarta, Selasa 14 Juni 2022 mengatakan:

Pesantren Khilafatul Muslimin tidak terdaftar di Kemenag dan tidak memiliki Nomor Statistik Pesantren atau Lembaga Keagamaan Islam.

Baca Juga: Fabio Viera, Target Buruan Arsenal Musim Ini

Menurut Waryono, berdasarkan hasil pengawasan Kanwil Kemenag Lampung, Khilafatul Muslimin merupakan ormas, bukan satuan pendidikan.

Kalau ada indikasi Khilafatul Muslimin juga mengelola satuan pendidikan, dipastikan bahwa sampai saat ini tidak ada pengajuan izin operasionalnya, baik di tingkat Kankemenag Kabupaten/Kota, Kanwil Kemenag Provinsi, maupun Pusat.

Pesantren yang terdaftar di Kemenag telah melewati serangkaian verifikasi yang ketat, mulai dari Kemenag Kab/Kota, Kanwil Provinsi hingga Pusat. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Agama No 30 tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren,” Waryono menerangkan.

Baca Juga: 50 Rumah Warga dan 280 Petak Tambak Terendam Banjir Rob di Bima, Nusa Tenggara Barat

Pesantren juga harus memenuhi Arkanul Ma’had dan Ruuhul Ma’had sebagaimana diatur dalam PMA 30 tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren,” Waryono menambahkan.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Magnitudo 3,0 Dirasakan di Aceh Jaya

Jumat, 24 Juni 2022 | 22:32 WIB
X