• Selasa, 27 September 2022

Hong Kong Mungkin akan Hapus Aturan Wajib Karantina di Hotel untuk Para Pendatang Mulai Oktober

- Kamis, 22 September 2022 | 15:52 WIB
Mungkin aturan karantina di hotel bagi para pendatang di Hong Kong akan dihapus bulan Oktober mendatang. FOTO ILUSTRASI (mohamed_hassan)
Mungkin aturan karantina di hotel bagi para pendatang di Hong Kong akan dihapus bulan Oktober mendatang. FOTO ILUSTRASI (mohamed_hassan)

Gunem.id - Hong Kong mungkin akan menghapus aturan wajib karantina di hotel bagi para pendatang pada awal Oktober mendatang. Jika hal itu benar diterapkan, ini adalah langkah pertama sejak 2,5 tahun aturan wajib karantina bagi semua pendatang di wilayah ini.

Dilaporkan oleh media lokal yang menolak menyebutkan nama, aturan soal dibatalkannya aturan wajib karantina itu akan diumumkan pada pekan depan.

Pemimpin Hong Kong, John Lee, mengatakan minggu ini bahwa dia ingin Hong Kong  tetap terhubung dengan seluruh dunia dan akan mengizinkan "pembukaan yang tertib" tetapi tidak merinci kapan tepatnya kebijakan karantina akan diubah.

Baca Juga: Sedang dalam Pembicaraan: Pertarungan Ulang Floyd Mayweather dengan Conor McGregor

Mengikuti isyarat dari China yang menerapkan kebijakan nol-Covid, Hong Kong adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia yang masih mengharuskan pelancong dari luar negeri untuk dikarantina pada saat kedatangan meskipun jumlah hari masa karantina telah berkurang dari waktu ke waktu.

Aturan wajib karantina di wilayah itu telah menuai banyak protes baik dari masyarakatnya maupun oleh kalangan pebisnis. Mereka menilai aturan ketat Covid yang diterapkan di wilayah itu telah mengancam daya saing HK sebagai pusat keuangan global.

Saat ini, setiap orang yang masuk ke Hong Kong wajib menjalani karantina di hotel selama 3 hari dan diikuti oleh pemantauan mandiri selama empat hari.

Baca Juga: India Menuntut Inggris Mengembalikan Berlian Kohinoor Bernilai Rp8,8 Triliun di Mahkota Mendiang Ratu

Aturan tersebut menghapuskan keharusan bagi pendatang dari luar negeri untuk melakukan karantina di hotel-hotel yang ditunjuk. Warga akan dapat langsung pulang dan memantau sendiri selama tujuh hari di rumah mereka.

Orang-orang yang diharuskan untuk memantau diri diperbolehkan untuk berjalan di sekitar Hong Kong meskipun ada beberapa batasan pada jenis tempat yang dapat mereka akses.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Malaymail.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Magnitudo 2,7 Mngguncang Pesawaran, Lampung

Senin, 26 September 2022 | 10:23 WIB

Gempa Magnitudo 4,5 Mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat

Senin, 26 September 2022 | 09:26 WIB
X