• Selasa, 27 September 2022

26 Juta Dokumen Kepolisian Republik Indonesia Dicuri dan Disebar di Forum Hacker

- Jumat, 23 September 2022 | 10:00 WIB
Data dari Bareskrim Polri Bocor (Breached.to)
Data dari Bareskrim Polri Bocor (Breached.to)

Gunem.id - Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Nurul Azizah, memberikan penjelasan terkait kabar kebocoran 26 juta dokumen kepolisian, pihaknya belum bisa memberikan informasi lebih lanjut.

Menurut Nurul, Dirtipidsiber Bareskrim Polri sampai saat ini masih melakukan penyelidikan dan pendalaman terkait dugaan kebocoran dokumen dan data anggota kepolisian yang beredar di situs forum hacker.

"Belum terkonfirmasi, saat ini Direktorat Siber Bareskrim masih mendalaminya," kata Nurul Azizah dikutip Gunem.id dari TBNews Jumat, 23 September 2022.

Baca Juga: Pemkot Blitar Sponsori Gelaran “Road to Kilau Raya Joget in Blitar”, Tampilkan Seni Rakyat dan Artis Papan Ata

Seperti diketahui bahwa pada Rabu, 21 September 2022, salah satu member pada forum bawah tanah bernama Meki mengunggah thread berjudul “26M DATABASE NATIONAL POLICE IDENTITY OF INDONESIA REPUBLIC” dengan logo besar Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Dalam thread itu dia mengaku memiliki data pribadi dan dokumen penting milik Kepolisian Republik Indonesia, berformat CSV yang berhasil dibobolnya pada September 2022.

Dokumen yang bocor itu totalnya mencapai 26.263.105, antara lain berupa informasi pangkat, Nomor Registrasi Pokok (NRP), nama lengkap, jabatan, foto, daerah, email, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor telepon, dan lainnya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pisces Berlaku Hari Jumat, 23 September 2022: Kejutan Romantismu akan Memikat Kekasihmu

Sebagai sampel, dia mengunggah tiga utas bocoran data yang diklaimnya sebagai “valid data for members of the Indonesian Police”.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: tribratanews.polri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Magnitudo 2,7 Mngguncang Pesawaran, Lampung

Senin, 26 September 2022 | 10:23 WIB

Gempa Magnitudo 4,5 Mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat

Senin, 26 September 2022 | 09:26 WIB
X