• Kamis, 6 Oktober 2022

Yang Penting untuk Kita Ketahui: Jenis-Jenis SIM di Indonesia

- Jumat, 23 September 2022 | 16:16 WIB
SIM (Surat Izin Mengemudi) (PMJ News)
SIM (Surat Izin Mengemudi) (PMJ News)

Gunem.id – Untuk mengendarai atau mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya, ketrampilan saja tidak cukup. Kita harus memiliki SIM yang masih berlaku.

Berdasarkan Pasal 77 ayat (1) UU No.22 Tahun 2009, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor tanpa memiliki SIM akan dikenakan pidana berupa kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp1 juta.

Di Indonesia ada beberapa jenis Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan. Untuk mengemudikan kendaraan roda empat, misalnya, diperlukan SIM yang berbeda dengan SIM untuk mengemudikan kendaraan roda dua.

Baca Juga: 26 Juta Dokumen Kepolisian Republik Indonesia Dicuri dan Disebar di Forum Hacker

Di Indonesia dikenal adanya dua tipe SIM kendaraan bermotor. Ada SIM untuk perorangan dan ada pula yang untuk umum. Masing-masing dibuat dengan tujuan berbeda.

Pengetahuan mengenai tipe dan jenis-jenis SIM akan sangat berguna ketika Anda mengurus pembuatan, bahkan juga untuk perpanjangan masa berlaku SIM Anda.

Terutama saat mengurusnya secara online. Sebab, begitu kita salah meng-klik pilihan jenis atau SIM yang kita butuhkan, kita akan menerima SIM yang tidak kita butuhkan.

Baca Juga: Beberapa Peristiwa Kepunahan Besar di Bumi yang Dipicu oleh Letusan Gunung Berapi

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tipe dan jenis-jenis SIM yang bukan hanya perlu, melainkan penting untuk kita kenali.

SIM Perseorangan. Ada lima jenis SIM perseorangan yaitu:

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X