• Kamis, 18 Agustus 2022

Pertama dalam Sejarah Piala Dunia, 6 Wanita Terpilih Menjadi Wasit

- Rabu, 22 Juni 2022 | 22:00 WIB
Trofi Piala Dunia.(Foto: Twitter/FIFA)
Trofi Piala Dunia.(Foto: Twitter/FIFA)

Gunem.id - Enam orang wanita terpilih sebagai wasit Piala Dunia Qatar 2022 sebagai bagian dari 129 ofisial turnamen. Terpilihnya enam wanita ini diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) terdiri dari 3 wasit utama dan 3 orang hakim garis (asisten wasit) pada bulan Mei 2022.

Di antara ketiga wasit wanita itu, wasit dari Prancis Stephanie Frappart telah berpengalaman melatih permainan putra di kualifikasi Piala Dunia dan Liga Champions, setelah menangani final Piala Dunia Wanita 2019. Dia juga menjadi wasit final Piala Prancis putra antara OGC Nice dan FC Nantes.

"Seperti biasa, kriteria yang kami gunakan adalah 'kualitas pertama', dan ofisial pertandingan yang dipilih mewakili tingkat wasit tertinggi di seluruh dunia," kata ketua komite wasit FIFA Pierluigi Collina, yang juga menangani final Piala Dunia 2002.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Leo dan Virgo Berlaku Hari Kamis, 23 Juni 2022

"Dengan cara ini, kami dengan jelas menekankan bahwa kualitaslah yang penting bagi kami dan bukan gender." ujarnya.

Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang juga masuk dalam daftar total 36 wasit yang bersiap untuk turnamen 64 pertandingan, yang akan dimainkan dari 21 November hingga 18 Desember.

sementara 3 hakim garis atau asisten wasit yang terpilih adalah Neuza Back dari Brazil, Karen Diaz Medina dari Meksiko, dan Kathryn Nesbitt dari Amerika. Ketiganya termasuk dalam 69 daftar hakim garis dalam Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Peluang Menghadapi Tyson Fury makin Memotivasi Anthony Joshua untuk Mengalahkan Oleksander Usyk

“Saya berharap, di masa depan, pemilihan ofisial pertandingan elit putri untuk kompetisi penting putra akan dianggap sebagai sesuatu yang normal dan tidak lagi sensasional,” kata Collina.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: fifa.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X