• Kamis, 6 Oktober 2022

Untuk Pertama Kalinya Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 Digelar di Surabaya, Diikuti 450 Atlet dari 20 Provin

- Minggu, 18 September 2022 | 19:54 WIB
Atlet wushu, Alisya Mellynar (Kemenpora)
Atlet wushu, Alisya Mellynar (Kemenpora)

Gunem.id - Untuk pertama kalinya, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Piala Presiden tahun 2022 diadakan di Jawa Timur. Pembukaan Kejurnas ini dilakukan pada Sabtu, 17 September 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Pembukaan Kejurnas tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Sulistio Dardak, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Chandra Bhakti, Pendiri Harian Disway Dahlan Iskan, serta Ketua Umum Wushu Jawa Timur Soedomo Mergonoto.

Baca Juga: Inilah Lokasi dan Jam Buka Gerai Layanan SIM Keliling Karawang, Jawa Barat Senin 19 September 2022

Dalam kesempatan itu, Emil mengatakan bahwa dirinya berharap agar Jawa Timur dapat menjadi tuan rumah yang baik karena kelancaran acara menjadi lambang penghormatan kepada para atlet.

“Dari semua provinsi, tentunya saya berharap agar Jatim bisa menjadi juara umum. Tapi lebih dari itu, saya berharap Jawa Timur sendiri bisa menjadi tuan rumah yang baik,” ujarnya.

Kejuaraan yang berlangsung dari 18 hingga 21 September 2022 ini diikuti atlet dari 20 provinsi di Tanah Air mempertandingkan nomor Taolu, Sanda dan Kungfu. Selain Piala Presiden, Kejurnas ini juga memperebutkan Piala Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto dan Piala Menpora.

Baca Juga: Gempa Bumi Berkekuatan 6,4 SR Terjadi di Taiwan Sebabkan Kereta Api Tergelincir, Bagunan dan Jembatan Runtuh

Menurut Chandra Bhakti, wushu merupakan salah satu olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sudah ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres)  Nomor 86 tahun 2021.

"Kita mengetahui banyak atlet wushu Indonesia telah mencatat prestasi di kejuaraan dunia di antaranya yang dikenal Lindswell Kwok dan Edgar Xavier Marvelo. Melalui Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 ini diharapkan muncul pengganti Lindswell dan Edgar yang mampu berprestasi dunia dan juga di Olimpiade jika ke depan cabang olahraga wushu dipertandingkan," katanya.

Baca Juga: Leo DiCaprio Kemungkinan akan Ikut Bermain di 'Squid Game' Season 3

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

X