• Minggu, 27 November 2022

Kronologi Tragedi Mematikan di Stadion Kanjuruhan Malang yang Menewaskan 174 Orang

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:30 WIB
Suasa saat ricuh pasca pertandingan Arema FC dengan Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang (Foto: Twitter @TheInsiderPaper)
Suasa saat ricuh pasca pertandingan Arema FC dengan Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang (Foto: Twitter @TheInsiderPaper)

Gunem.id - Sedikitnya 174 orang dilaporkan tewas dan sekitar 180 orang terluka dalam pertandingan sepakbola yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang setelah para suporter sepak bola yang panik terinjak-injak dan bertabrakan karena mencoba melarikan diri dari kerusuhan pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022.

Berikut ini kronologi kejadian yang berhasil dirangkum Gunem.id dari berbagai sumber:

Pada pukul 8 malam WIB, pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya dimulai di Stadion Kanjuruhan, Malang di Jawa Timur.

Baca Juga: Tragedi 126 Suporter Tewas di Gana,Polisi Disalahkan karena Dianggap Berlebihan dengan Tembakan Gas Air Mata

Menjelang pukul 10 malam, pertandingan berakhir dengan tim tuan rumah Arema kalah 3-2 dari Persebaya Surabaya.

Setelah wasit meniup peluit akhir, para suporter Arema yang marah menyerbu lapangan. Rekaman video yang diambil oleh saksi menunjukkan para penggemar bentrok dengan polisi di lapangan.

Polisi menembakkan gas air mata dalam upaya untuk mengendalikan situasi, mendorong para suporter yang panik untuk bersamaan menuju pintu keluar Hal ini memicu banyak suporter yang bertabrakan, terinjak dan mati lemas, kata Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta kepada wartawan.

Baca Juga: Pasca Tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi Perintahkan Seluruh Pertandingan Liga 1 Dihentikan

Kapolda mengatakan tabrakan terjadi di gerbang 10 di stadion. Sebuah akun twitter dari suporter yang berada di tempat kejadian, jeritan dapat terdengar di dekat gerbang keluar ketika para suporter berusaha melarikan diri termasuk wanita dan anak-anak ada di antara mereka yang terjebak dalam tabrakan tersebut.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X