• Minggu, 27 November 2022

Protes Pelanggaran HAM, Ibukota Perancis dan Tujuh Kota Lainnya Boikot Piala Dunia 2022 Qatar

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 20:52 WIB
Logo Piala Dunia Qatar 2022 (Ilustrasi : KLIKTIMES.COM/Fandy Setyawan)
Logo Piala Dunia Qatar 2022 (Ilustrasi : KLIKTIMES.COM/Fandy Setyawan)

Gunem.id - Kota Paris bergabung dengan Marseille, Lille, Bordeaux, Reims, Nancy, Rodez, yang mengumumkan bahwa mereka tidak akan menayangkan pertandingan Piala Dunia sebagai protes atas pelanggaran hak asasi manusia dan lingkungan di Qatar

Otoritas ketujuh kota di Prancis itu mengumumkan bahwa mereka tidak akan memasang layar televisi raksasa atau membuka fan zone untuk menyiarkan pertandingan Piala Dunia seperti sebelumnya.

"Kompetisi ini secara bertahap berubah menjadi bencana kemanusiaan dan lingkungan dan tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ingin kami sampaikan melalui olahraga dan terutama sepak bola," kata Benoît Payan, walikota Marseille dikutip Gunem.id dari The Guardian Selasa, 4 Oktober 2022.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Leo Berlaku Hari Kamis, 6 Oktober 2022: Antusiasmemu akan Menular pada Orang di Sekelilingmu

Walikota Lille, Martine Aubry, mengatakan mengadakan kompetisi di Qatar adalah "omong kosong dalam hal hak asasi manusia, lingkungan dan olahraga".

Penanggung jawab olahraga di kota Paris, Pierre Rabadan, mengatakan tidak akan membuka fan zone, dan hal ini tidak ada sangkut pautnya dengan klub Paris Saint-Germain, yang dimiliki oleh Tamim bin Hamad al-Thani, Emir Qatar sejak 2011.

“Tidak mungkin bagi kita untuk tidak mendengarkan banyak peringatan dari LSM yang mengecam pelecehan dan eksploitasi pekerja migran. Ribuan pekerja asing tewas di lokasi pembangunan, itu tak tertahankan,” kata walikota Strasbourg, Jeanne Barseghian.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer Berlaku Hari Kamis, 6 Oktober 2022: Energimu membuat Semangatmu Melambung Tinggi

”Strasbourg, ibu kota Eropa dan pusat pengadilan hak asasi manusia Eropa, tidak dapat dengan sopan memaafkan pelanggaran ini, tidak dapat menutup mata ketika hak asasi manusia dilanggar dengan cara ini,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: theguardian.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X