• Senin, 28 November 2022

Kartini, Ide Pembebasan yang Ditelikung Kekuasaan

- Rabu, 30 Maret 2022 | 08:27 WIB
RA Kartini
RA Kartini

Gunem.id – Kartini adalah ide besar, gagasan besar, yang padanya juga menyala api semangat tak kunjung padam.

Di Indonesia nama Kartini sudah identik dengan gerakan emansipasi yang memperjuangkan kesetaraan gender.

Tetapi, semangat Kartini makin ke sini terasa makin berbelok arah, sprit tampak pada pringatan hari kelahirannya, 21 April, nyaris dipenuhi acara yang bisa dimaknai sebagai hanya mengolok-olok laki-laki.

Peringatan Hari Kartini sring kita lihat dalam bentuk permainan olahraga, misalnya sepak bola dengan bapak-bapak sebagai pemain yang mengenakan daster, lomba memasak yang pesertanya laki-laki.

Peringatan Hari Kartini yang digelar setiap 21 April atau sekali dalam setahun, dengan demikian seolah tak lebih dari sekadar proyek hura-hura yang menghabiskan banyak ongkos dan tenaga.

Sementara, upaya-upaya membesarkan api smangat Kartini itu sendiri seperti dilupakan.

Berikut ini adalah tulisan Siti Aminah, seorang pekerj komunitas yang diharapkan dapat mendorong ke arah penggalian informasi untuk menjaga agar api semangat Kartini tidak semakin tertimbun oleh upacara demi upacara.

Baca Juga: Marc Marquez Kemungkinan Besar akan Absen di Sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina

…Secara pribadi Mr. Abendanon setuju sekali dengan pendidikan di Negri Belanda, tetapi sebagai kawan dia mengatakan: tinggallah di sini!

…Ayah terbaring dalam sakit… kami menangis pedih… tetapi untuk mengembalikan pikiran kami dari rencana ke negeri Belanda, tidak. Bukankah kami telah meniadakan segala hal ihwal pribadi kami?

Halaman:

Editor: Bonari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X