• Senin, 30 Januari 2023

Di Bawah Aturan Taliban, Wajah Manekin di Afganistan harus Ditutup atau Dipenggal

- Selasa, 24 Januari 2023 | 18:15 WIB
Kebijakan Taliban soal manekin di Afganisthan (India Today)
Kebijakan Taliban soal manekin di Afganisthan (India Today)

Gunem.id - Di bawah aturan Taliban, toko tekstil di Afghanistan telah diperintahkan untuk menutupi wajah atau memenggal kepala manekin di toko mereka.

Gambar-gambar manekin yang tidak biasa akhir-akhir ini banyak beredar di internet. Para pemilik toko tekstil terpaksa menutupi wajah manekin yang mengenakan pakaian gaun-gaun yang cantik dengan tas plastik, syal, dan bahkan penutup lainnya.

Taliban mengambil alih Afghanistan pada Agustus 2021. Sejak pengambilalihan tersebut, beberapa aturan kontroversial terus terdengar dari Afghanistan, mulai dari larangan pendidikan pada remaja putri yang sudah menstruasi hingga larangan masuk ke gym, taman umum dan taman hiburan bagi para wanita.

Baca Juga: Terpuruk di Zona Degradasi Everton Pecat Frank Lampard

Wanita di Afghanistan juga tidak boleh melakukan perjalanan jauh tanpa didampingi oleh pendamping laki-laki.

Yang terbaru, toko tekstil di Afghanistan telah diperintahkan untuk menutupi wajah manekin. Menurut penjaga toko di ibu kota Afghanistan, Kabul, aturan menutupi wajah lebih baik karena sebelumnya pemerintah Taliban bahkan memutuskan untuk mencopot boneka atau memenggal kepala mereka sama sekali.

Manekin-manekin mengenakan gaun mewah dan pakaian etnik yang penuh dengan sulaman anggun, wajah-wajah manekin tersebut ditutupi dengan syal atau tas plastik dan penutup yang serasi jika pemilik toko merasa sayang untuk memenggal kepala manekin mereka.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Per Bulan Januari 2023 untuk Avanza, Veloz, Xpander, Ertiga, Xenia dan Stargazer

Sebuah postingan seorang aktivis kemanusiaan Afghanistan bernama Sara Wahedi juga menjadi viral di Twitter. Unggahan tersebut menampilkan gambar-gambar yang mengganggu dari wajah manekin yang ditutupi plastik atau syal.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: www.indiatoday.in

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X