Sampoerna Dorong UMKM Binaannya Jajaki Pasar Jepang

Sampoerna Dorong UMKM Binaannya Jajaki Pasar Jepang

Gunem.id – PT HM Sampoerna Tbk kembali menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan mengirimkan 5 UMKM binaannya untuk mengikuti pameran Wellness Food Japan 2023 di Jepang. Langkah ini merupakan upaya Sampoerna dalam membantu UMKM Indonesia untuk menembus pasar ekspor.

Collab Media Network banner content

Wellness Food Japan 2023 merupakan pameran dagang terbesar di Jepang yang diikuti lebih dari 600 peserta dan dikunjungi lebih dari 40.000 orang setiap harinya. Kelima UMKM yang terpilih adalah Bali Pure dan Padma Herbal dari Bali, Dede Satoe dari Surabaya, Kopi Benua dari Palembang, dan Togato Coffee dari Medan.

Sampoerna Dorong UMKM Binaannya Jajaki Pasar Jepang
Foto Istimewa : www.rmoljatim.id

Sebelum diberangkatkan, Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) telah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM terpilih sejak Mei lalu. Pelatihan ini mencakup aspek kemasan produk dan aturan-aturan yang berlaku di pasar Jepang.

SETC bekerja sama dengan mitra tanggung jawab sosial perusahaan Business & Export Development Organization (BEDO) untuk memberikan dukungan pengembangan kapasitas dan pasar yang sesuai bagi masing-masing UMKM.

I Ketut Sumayana, pemilik usaha Bali Pure, mengungkapkan bahwa kesempatan berpartisipasi dalam Wellness Food Japan 2023 sangat berharga. Ia melihat potensi pasar yang besar untuk produk-produk Bali Pure seperti virgin coconut oil (VCO), sabun, dan massage oil di Jepang.

"Setelah melihat produk kami, pengunjung mendapatkan tester, saya juga kasih pijatan dengan massage oil Bali Pure. Para pengunjung di Jepang ini senang sekali. Bahkan, ada yang datang lagi dua kali, dan mereka menyatakan tertarik dengan produk kami," ujar Ketut.

Bali Pure telah mendapatkan beberapa pembeli potensial, termasuk salah satu penyalur produk spa. Ketut akan menindaklanjuti peluang bermitra dan menjalin komunikasi dengan para pembeli potensial lainnya.

Hal serupa juga dirasakan oleh Djono Darmaputera, pemilik usaha Sahang Mas yang membawa produk unggulannya berupa kopi dengan merek "Benua". Ia melihat peluang mendapatkan calon pembeli dan akan membina relasi dengan mereka.

"Siapa tahu suatu saat bisa memenuhi permintaan," kata Djono.

Jika keberatan atau harus diedit baik Artikel maupun foto Silahkan Laporkan! Terima Kasih

Tags:

Ikuti kami :

Tinggalkan komentar