• Kamis, 1 Juni 2023

Arkeolog Pamerkan Gulungan Naskah dari Mesir Kuno Sepanjang 16 Meter dan Berusia 2 Milenium

- Senin, 27 Februari 2023 | 21:45 WIB
Mesir Kuno  (Freedomsiana)
Mesir Kuno (Freedomsiana)

Gunem.id - Foto-foto dari gulungan Book of the Dead atau buku yang mengilustrasikan dewa kematian dan alam baka, yang ditemukan pada Maret 2022 dipamerkan kepada publik.

Dikutip Gunem.id dari Dailymail, gulungan naskah kuno sepanjang sekitar 16 meter dan berusia lebih dari 2.000 tahun itu, ditemukan di sebuah makam di dekat Step Pyramid of Djoser, piramida paling awal di Mesir.

Kitab dewa kematian yang juga dijuluki “Papirus Waziri” itu, ditemukan di dalam sarkofagus milik bangsawan bernama Ahmose.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pisces Berlaku Hari Selasa, 28 Februari 2023: Meskipun Sulit, Cobalah untuk Tetap Tenang

Nama Ahmose disebutkan sebanyak 260 kali dalam dokumen, gulungan itu juga menggambarkan Osiris, dewa dunia bawah tanah atau penjaga alam baka bangsa Mesir kuno.

Arkeolog tidak banyak mengetahui tentang Ahmose, tetapi mereka yakin Ahmose adalah orang yang sangat berkuasa, sehingga mampu memerintahkan membuat Kitab Kematian yang begitu rumit.

Book of the Dead berisi kumpulan teks, yang antara lain adalah mantra untuk membantu orang mati menyeberang ke alam baka.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aquarius Berlaku Hari Selasa, 28 Februari 2023: Jangan Mengambil Keputusan Besar Sekarang

Gulungan kuno itu terdiri dari 113 bab, dan dibagi kedalam lebih dari 150 kolom dengan ukuran yang berbeda-beda, disertai beberapa baris tulisan di setiap kolom.

Bab-bab dalam naskah kuno itu ditulis dan diatur dalam koordinasi yang sangat baik, dengan menuliskannya di tempat dan spesifikasi tertentu.

Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir, Mostafa Waziri, menemukan gulungan itu di salah satu dari 250 peti mati yang ditemukan di situs tersebut di Saqqara.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Capricorn Berlaku Hari Selasa, 28 Februari 2023: Gunakan Waktu untuk Selesaikan Sesuatu

Para arkeolog telah memperbaiki dan menerjemahkan naskah kuno itu ke dalam bahasa Arab, dan memajangnya di Museum Mesir di Kairo.

Dari hasil penelitian dan menganalisis para arkeolog, menunjukkan bahwa naskah itu ditulis oleh para profesional karena detail yang luar biasa dalam menggambarkan dewa Osiris.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: dailymail.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X