• Senin, 28 November 2022

10 Quote Legendaris Ir. Soekarno yang Mampu Gelorakan Nasionalisme di Perayaan HUT Republik Indonesia

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 08:20 WIB
Soekarno Hatta saat pembacaan Proklamasi  (wikipedia.com)
Soekarno Hatta saat pembacaan Proklamasi (wikipedia.com)

Gunem.id - Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno (Bung Karno) adalah bapak pendiri bangsa (the founding father) yang lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970.

Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh.

Dari istri Hartini mempunyai Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika.

Baca Juga: Polisi Tangkap Polisi: Kasat Narkoba Polres Karawang Ditangkap Terkait Kasus Narkoba

Tanggal 17 Agustus 1945, Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Ir.Soekarno mengemukakan gagasan tentang dasar negara yang disebutnya Pancasila.

Dalam sidang PPKI, 18 Agustus 1945 Ir.Soekarno terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Bung Karno adalah seorang yang berwawasan luas dan kharismatik. Hal itu karena Bung Karno dikenal sebagai orang yang gemar membaca, terutama buku biografi tokoh-tokoh terkenal dunia.

Baca Juga: Inilah Lokasi dan Jam Buka Gerai Layanan SIM Keliling Balikpapan Hari Kamis 18 Agustusi 2022

Tak heran jika banyak kalimat-kalimat Bung Karno masih digaungkan hingga kemerdekaan Indonesia ke 77 tahun ini karena ucapan-ucapannya yang bernas.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X