• Senin, 30 Januari 2023

Petani Palestina Tak Sengaja Temukan Lantai Mozaik Kuno dari Era Bizantium

- Minggu, 18 September 2022 | 05:05 WIB
Petani di Palestina temukan artefak kuno (Photo by Alfo Medeiros from Pexels)
Petani di Palestina temukan artefak kuno (Photo by Alfo Medeiros from Pexels)

Gunem.id - Seorang petani Palestina yang hendak menanam pohon zaitun tak sengaja menabrakkan sekopnya pada benda keras.

Dia lalu menelepon putranya, dan selama tiga bulan mereka menggali sebuah mosaik era Bizantium, yang menurut para ahli adalah salah satu harta arkeologi terbesar yang pernah ditemukan di Gaza.

Penemuan itu membuat takjub, terutama di kalangan arkeolog, dan penguasa Hamas di wilayah itu berencana segera membuat pengumuman besar terkait penemuan itu.

Baca Juga: Inilah Info Lokasi dan Jam Buka Gerai Layanan SIM Keliling Bekasi untuk Hari Selasa 20 September 2022

Mosaik itu ditemukan hanya setengah mil dari perbatasan Israel. Lantainya, yang memiliki 17 ikonografi binatang buas dan burung, terpelihara dengan baik dan warnanya cerah.

"Ini adalah lantai mosaik terindah yang ditemukan di Gaza, baik dalam hal kualitas representasi grafis dan kompleksitas geometri," kata René Elter, seorang arkeolog asal Pracis dikutip Gunem.id dari USA Today Jumat, 16 September 2022.

"Belum pernah ditemukan sebelumnya lantai mosaik seindah ini, presisi dalam grafis dan kekayaan warna di Jalur Gaza," lanjutnya.

Baca Juga: Lokasi dan Jam Buka Gerai Layanan SIM Keliling bagi Warga Badung, Bali, Tanggal 19, 20, 21, 22 September 2022

Menurut Rene Elter, trotoar mosaik ini berasal dari masa antara abad ke-5 dan ke-7, namun penggalian yang tepat harus dilakukan untuk menentukan kapan tepatnya dibangun dan apakah itu bagian dari kompleks agama atau sekuler.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: usatoday.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X