• Jumat, 3 Februari 2023

Mozaik ‘Sangat Langka’ yang Menggambarkan Perang Troya Ditemukan di Syiria

- Kamis, 13 Oktober 2022 | 20:29 WIB
Perang Troya, adegan film. (Tangkapan layar YouTube @Warner Bros. Entertainment)
Perang Troya, adegan film. (Tangkapan layar YouTube @Warner Bros. Entertainment)

Gunem.id - Sebuah mozaik langka yang menggambarkan adegan Perang Troya yang legendaris, seluas kurang lebih 396 meter persegi ditemukan di Syiria dalam keadaan utuh.

Perang Troya adalah perang antara bangsa Yunani kuno dengan bangsa Troya, yang terjadi  lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Karya seni era Romawi ini diperkirakan dibangun 1.600 tahun yang lalu, dan dihiasi dengan ksatria yang membawa pedang dan perisai, serta lengkap dengan nama mereka.

Mozaik tersebut ditemukan di Rastan distrik Homs Syiria utara, yang direbut kembali oleh pemerintah dari pemberontak pada 2018, setelah bertahun-tahun terjadi pertumpahan darah.

Baca Juga: Setelah Jadi Tahanan, Rizky Billar Bilang bahwa Lesti Kejora Ingin Mencabut Laporannya

Para arkeolog mengatakan, mozaik itu kemungkinan adalah lantai sebuah pemandian kuno, tetapi penyelidikan lebih lanjut perlu dilakukan.

Menurut direktur asosiasi penggalian dan penelitian arkeologi setempat, Dr Humam Saad, yang paling menarik dari temuan mozaik ini adalah penggambaran langka ksatria Amazon kuno, yang berjuang bersama bangsa Troya.

Ksatria Amazon adalah ras pejuang wanita dalam mitologi Yunani, yang tinggal di wilayah Ukraina modern.

“Apa yang ada di depan kita adalah penemuan yang sangat langka, karena penggambarannya yang kaya akan detail,” kata Dr Saad dikutip Gunem.id dari Dailymail Rabu, 12 Oktober 2022.

Baca Juga: Tony Leung Bertemu Sutradara “Squid Game”, Apakah Dia akan Membintangi Drama Netflix Itu?

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: dailymail.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X