• Jumat, 3 Februari 2023

Makam ‘Sinterklas’ Ditemukan di Turki dan Inilah Sejarah Asal-usulnya

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 20:00 WIB
Gambaran dari Sinterklas  (pexels.com/andreapiacquaudio)
Gambaran dari Sinterklas (pexels.com/andreapiacquaudio)

Gunem.id - Makam Santo Nicholas, seorang tokoh yang menjadi inspirasi lahirnya Sinterklas, telah ditemukan setelah para arkeolog di Antalya Turki

Menurut kepala dewan pelestarian warisan budaya Antalya, Osman Eravsar, makam tersebut berada di bawah reruntuhan sebuah gereja kuno yang tenggelam karena naiknya permukaan laut Mediterania, sepanjang Abad Pertengahan.

“Gereja yang pertama telah tenggelam bersamaan dengan naiknya Laut Mediterania, dan beberapa abad kemudian, sebuah gereja baru dibangun diatasnya,” kata Osman Eravsar dikutip Gunem.id dari Dailymail Selasa, 18 Oktober 2022.

Baca Juga: Profil Shehan Karunatilaka, Penulis Sri Lanka Pemenang Booker Prize 2022

Gereja yang dibangun di atas fondasi basilika kuno itu untuk melindungi makam santo, tetapi para arkeolog menemukan lantai mosaik dan fondasi dari gereja sebelumnya, yang membawa mereka ke tempat peristirahatan terakhir St Nicholas.

“Saat ini tim telah mencapai reruntuhan gereja pertama dan lantai tempat Santo Nikolas melangkah,” ujar Osman.

Santo Nicholas adalah tokoh suci yang hidup antara tahun 270 hingga 343 M, dan terkenal karena suka memberikan uang kepada orang miskin.

Baca Juga: Novel ‘The Seven Moons of Maali Almeida’ Karya Penulis Sri Lanka Shehan Karunatilaka Menang Booker Prize 2022

Kisah terkenal Santo Nicholas, yakni tentang dia memberi tiga orang gadis tas emas untuk menyelamatkan mereka dari kehidupan pelacuran.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: dailymail.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X