• Jumat, 3 Februari 2023

Deretan Tokoh Perempuan yang Terlibat Langsung Lahirnya Sumpah Pemuda

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 10:40 WIB
Siti Soendari Darmabrata (museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id)
Siti Soendari Darmabrata (museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id)

Gunem.id - Ikrar dalam Kongres Pemuda II yang berlangsung 94 tahun yang lalu, atau tepatnya pada 27-28 Oktober 1928, menyatukan dan menggugah kesadaran bangsa Indonesia, khususnya para pemuda.

Kongres Pemuda II yang diketuai oleh Sugondo Joyopuspito ini, dihadiri oleh berbagai organisasi kepemudaan yang berasal dari seluruh wilayah Nusantara.

Diperkirakan dalam kongres itu dihadiri lebih dari 700 orang pemuda, meski hanya 82 orang saja yang tercatat sebagai peserta kongres.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Basket NBA , Jumat 28 Oktober 2022, Oklahoma City Thunder dan Dallas Maverick Menang Tipis

Diantara 82 orang yang tercatat sebagai peserta kongres, ada enam orang perempuan, yakni Dien Pantouw, Emma Poeradiredja, Johanna Masdani Tumbuan, Nona Tumbel, Poernomowoelan, dan Siti Soendari.

Sementara menurut kesaksian penggubah lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman, paling tidak ada sepuluh perempuan yang hadir dalam acara itu.

Dikutip Gunem.id dari berbagai sumber, berikut biografi tiga orang perempuan yang terlibat pada Kongres Pemuda II.

Baca Juga: Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Berkumandang Pertama Kali 94 Tahun Lalu di Kongres Pemuda ke-2

Pertama Siti Soendari, beliau adalah adik bungsu pendiri Budi utomo, dr. Soetomo, dan berhasil menempuh pendidikan tinggi bergelar Meester in de Rechten (Sarjana Hukum), di Universitas Leiden Belanda tahun 1934.

Dalam pidatonya di Kongres Pemuda II, Siti Soendari menekankan bahwa rasa cinta tanah air harus ditanamkan pada perempuan sejak kecil.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X