• Jumat, 3 Februari 2023

Arkeolog Italia Temukan 24 Patung Perunggu Berusia 2.300 Tahun Peninggalan Bangsa Etruria

- Rabu, 9 November 2022 | 16:33 WIB
Arkeolog Italia menemukan 24 patung perunggu berusia 2.300 tahun. (juliacasado1)
Arkeolog Italia menemukan 24 patung perunggu berusia 2.300 tahun. (juliacasado1)

Gunem.id - Para arkeolog menemukan sebanyak 24 patung, dalam sebuah penggalian di kolam pemandian air panas kuno, di San Casciano dei Bagni, dekat Siena Italia.

Pemandian kuno yang meliputi air mancur dan altar, diyakini dibangun oleh bangsa Etruria pada abad ketiga SM.

Dari 24 patung perunggu yang ditemukan itu, lima di antaranya setinggi hampir satu meter, juga ditemukan ribuan koin kuno serta prasasti berbahasa Etruscan dan Latin.

Baca Juga: Jual Topi Jungkook BTS yang Hilang, Seorang Pria Harus Berurusan dengan Polisi Korea Selatan

Koin itu berasal dari pengunjung yang melempar koin ke dalam bak mandi, agar mendapat keberuntungan bagi kesehatan mereka.

Menurut Massimo Osanna, direktur jenderal museum di kementerian kebudayaan Italia, relik tersebut adalah penemuan paling signifikan, sejak penemuan dua patung perunggu dari zaman Yunani kuno, di lepas pantai Calabria tahun 1972.

“Ini adalah salah satu penemuan patung perunggu paling signifikan, dalam sejarah Mediterania kuno,” kata Osanna diktip Gunem.id dari The Guardian.

Baca Juga: Tiba Tiba Tenis : Wulan Guritno Gading Martin dan Enzy Storia Dion Wiyoko di Laga Pembuka Desta Raffi Ahmad

Proyek penggalian di San Casciano dei Bagni ini dimulai sejak 2019 dan dipimpin oleh Jacopo Tabolli, seorang profesor dari University for Foreigners of Siena,.

Pada bulan Agustus, beberapa artefak termasuk patung dewi kesuburan yang diduga digunakan sebagai persembahan kepada para dewa, ditemukan di situs tersebut.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: theguardian.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X