• Jumat, 3 Februari 2023

Penemuan Fosil Ikan Menunjukkan Manusia Mengenal Cara Memasak sejak 780.000 Tahun Lalu

- Sabtu, 19 November 2022 | 23:40 WIB
Melalui penemuan fosil ikan diketahui bahwa manusia sejak lama mengenal cara memasak, FOTO ILUSTRASI: ikan bakar. (jonathanrostedt)
Melalui penemuan fosil ikan diketahui bahwa manusia sejak lama mengenal cara memasak, FOTO ILUSTRASI: ikan bakar. (jonathanrostedt)

Gunem.id – Dari penemuan fosil ikan, arkeolog di Museum Sejarah Alam Steinhardt Universitas Tel Aviv, Irit Zohar, mengemukakan bahwa nenek moyang manusia tahu cara memasak makanan sejak 780.000 tahun yang lalu.

Klaim lanjutan dari penemuan fosil ikan itu diungkap Irit Zohar setelah melakukan penelitian selama 16 tahun, dan membuat katalog dari ribuan sisa ikan yang ditemukan di sebuah situs yang bernama Gesher Benot Ya'aqov di Israel utara.

Situs tempat penemuan fosil ikan yang dulunya sebuah danau itu membantu tim peneliti menyelidiki dengan tepat, kapan juru masak mulai memanfaatkan api untuk membuat menu hidangan mereka.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar Adalah yang Paling Mahal Sepanjang Sejarah

“Rasanya seperti menghadapi teka-teki, dengan semakin banyak informasi yang kami dapatkan untuk membuat cerita tentang evolusi manusia,” kata Irit Zohar dikutip Gunem.id dari The Guardian.

Petunjuk pertama datang di daerah yang "hampir tidak ada tulang ikan" tetapi banyak sisa gigi.

Ini bisa menunjukkan bahwa itu dimasak, karena tulang ikan melunak dan hancur pada suhu di bawah 500°C, tetapi giginya tetap ada.

Di area yang sama, rekan Zohar menemukan batu api yang terbakar, dan bukti lain yang menunjukkan bahwa manusia yang hidup disitu pernah menggunakannya sebagai perapian.

Baca Juga: Elon Musk Posting Ajakan Tonton Piala Dunia di Twitter, Hentikan Spekulasi Twitter akan Tutup

Menurut peneliti, sebagian besar gigi yang ditemukan adalah milik dua spesies ikan mas yang sangat besar, beberapa ikan mas bahkan memiliki panjang hingga dua meter.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: theguardian.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X