• Selasa, 27 September 2022

Para Ilmuwan Kebingungan karena Menemukan Bumi Berputar Lebih Cepat dari Biasanya

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:00 WIB
Bumi dilaporkan semakin cepat berputar. (PIRO4D)

Gunem.id - Para ilmuwan dibuat bingung setelah menemukan bumi berputar lebih cepat, dan membuat hari menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Pengukuran yang dilakukan oleh Laboratorium Fisik Nasional Inggris menunjukkan bahwa Bumi berputar lebih cepat daripada setengah abad yang lalu.

Pada tanggal 29 Juni, rotasi penuh Bumi memakan waktu 1,59 milidetik kurang dari 24 jam, dan merupakan hari terpendek yang pernah tercatat.

Baca Juga: Timnas Brasil Menempati Hotel dengan Pepohonan dan Taman, Bertarif Rp16 juta per Malam

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa, jika laju rotasi terus bertambah cepat, kita mungkin perlu mengurangi satu detik dari jam kita.

"Jika rotasi cepat Bumi ini berlanjut, itu bisa mengenalkan kita untuk pertama kalinya pada lompatan negatif kedua," kata astrofisikawan Graham Jones dikutip Gunem.id dari New York Post Senin, 1 Agustus 2022.

Lompatan ini diperlukan untuk menjaga waktu kita, yang didasarkan pada ketukan jam atom yang sangat stabil, dan didasarkan pada pergerakan matahari melintasi langit.

Baca Juga: Ridwan Kamil Paparkan Transformasi Desa Digital di Jawa Barat di Ajang T20 Indonesia 2022

Detik kabisat negatif akan berarti bahwa waktu kita melewati satu detik, yang berpotensi menciptakan masalah bagi sistem TI.

Para peneliti di Meta mengatakan, detik kabisat akan memiliki efek kolosal pada teknologi dan menjadi "sumber utama rasa sakit" untuk infrastruktur perangkat keras.

Halaman:

Editor: Bonari