• Selasa, 27 September 2022

Organ Babi Dihidupkan Kembali Satu Jam setelah Kematian, Harapan Baru untuk Bidang Transplantasi

- Senin, 8 Agustus 2022 | 05:00 WIB
Ilmuwan telah menghidupkan kembali sebagian organ babi satu jam setelah hewan itu mati. (RoyBuri)
Ilmuwan telah menghidupkan kembali sebagian organ babi satu jam setelah hewan itu mati. (RoyBuri)

Gunem.id – Dilaporkan, para ilmuwan telah menghidupkan kembali sebagian organ babi satu jam setelah hewan itu mati.

Eksperimen itu telah digambarkan sebagai 'benar-benar luar biasa' dan para ahli mengatakan bahwa: jika itu dapat diterapkan pada manusia, ribuan organ akan tersedia untuk transplantasi.

Seorang komentator bahkan menyarankan di masa depan teknologi tersebut berpotensi 'menghidupkan kembali orang beberapa jam setelah kematian' dengan menyediakan waktu penting bagi petugas medis untuk mengobati penyebab yang mendasarinya.

Para peneliti dari Universitas Yale di Amerika Serikat mengembangkan cairan pelindung sel yang dirancang khusus yang tampaknya mencegah kematian sel dan organ setidaknya selama satu jam.

Setelah kematian, serangkaian peristiwa biokimia terjadi karena kurangnya aliran darah, oksigen, dan nutrisi yang mengarah pada penghancuran sel dan organ tubuh.

Kerusakan itu dianggap cepat dan permanen tetapi para ilmuwan menemukan bahwa ketika cairan baru, yang disebut OrganEx, diterapkan pada babi, sirkulasi darah dan dan fungsi sel lainnya dapat dipulihkan dalam beberapa jam setelah kematian.

Para peneliti mengatakan jika temuan itu direplikasi pada manusia, hal itu berpotensi menyebabkan perluasan besar jumlah organ yang dapat digunakan untuk transplantasi.

Di Inggris saja, sekitar 429 orang meninggal saat menunggu transplantasi organ tahun lalu.

Para peneliti melakukan percobaan serupa pada tahun 2019 pada otak babi tetapi sekarang mereka telah menerapkan teknologi di seluruh tubuh.

Bagaimana itu bekerja?

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: Metro.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Desain Twiitbon untuk Tahun Baru Islam

Kamis, 28 Juli 2022 | 16:00 WIB
X