• Kamis, 6 Oktober 2022

Alasan 'Pacu Perahu' Karya Seniman Wastana Haikal Dipilih sebagai Doodle Peringatan Kemerdekaan RI ke-77

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 08:39 WIB
Tampilan Google Doodle spesial HUT RI ke 77 (Tangkapan Layar: Google Doodle)
Tampilan Google Doodle spesial HUT RI ke 77 (Tangkapan Layar: Google Doodle)

 

Gunem.id - Halaman google hari ini, Rabu, 17 Agustus 2022 menampilkan ilustrasi karya seniman yang berbasis di Bandung, Wastana Haikal. Karya berjudul “Pacu Perahu” itu dipakai Google dalam rangka merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-77.

“Balap Perahu (Pacu Perahus)” menurut keterangan dalam laman Google adalah salah satu tradisi balap perahu paling populer di Hari Kemerdekaan RI. Festival yang juga disebut sebagai “Festival Pacu Jalur” menjadi tuan rumah balapan terbesar di Indonesia.

Setelah pertunjukan lagu dan tarian, lebih dari seratus perahu berdekorasi semarak mendayung menyusuri Sungai Batang Kuantan. Tim hingga enam puluh orang mengenakan kostum tari tradisional saat penonton berkumpul di tepi sungai.

Baca Juga: 10 Quote Legendaris Ir. Soekarno yang Mampu Gelorakan Nasionalisme di Perayaan HUT Republik Indonesia

Wastana Haikal sang ilustrator sendiri adalah lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Bandung (ITB). Lahir di Bandung, 12 Juni 1994, karya-karyanya dipengaruhi oleh kartun masa kecil seperti film-film Disney dan serial animasi “Avatar: The Last Airbender”.

Wastana Haikal mengembangkan gaya ilustrasi yang terkesan quirky, vibrant, dan penuh detail. Itu membuatnya memiliki minat khusus pada seni animasi. Proyek akhir kuliahnya berupa film animasi pendek 2D bertajuk “Biwar” didasarkan folklore Papua adalah bukti dari talentanya yang menjanjikan.

Masyarakat Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan RI dengan syukuran memotong tumpeng, parade, karnaval, dan lain-lain. Di seluruh negeri, warna nasional merah dan putih menghiasi rumah dan jalan dalam bentuk bendera dan ornamen.

Baca Juga: Polisi Tangkap Polisi: Kasat Narkoba Polres Karawang Ditangkap Terkait Kasus Narkoba

Upacara pengibaran bendera nasional, yang dipimpin oleh presiden Indonesia, diadakan di Istana Negara dan atraksi-atraksi kemerdekaan dihelat di sana dan diikuti oleh masyarakat di seluruh negeri.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Desain Twiitbon untuk Tahun Baru Islam

Kamis, 28 Juli 2022 | 16:00 WIB
X