• Minggu, 27 November 2022

NASA Gagal Meluncurkan Misi Artemis I ke Bulan karena Kebocoran Mesin

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 22:04 WIB
NASA membatalkan peluncuran Artemis I karena kebocoran pada mesin. (Instagram @nasa)
NASA membatalkan peluncuran Artemis I karena kebocoran pada mesin. (Instagram @nasa)

Gunem.id - Ribuan warga Amerika Serikat (AS) berduyun-duyun ke Cape Canaveral Florida, untuk menyaksikan peluncuran Artemis I, sebuah roket luar angkasa tak berawak yang akan melakukan perjalanan ke Bulan.

Namun, ribuan orang tersebut harus pulang dengan kecewa, karena misi dibatalkan pada menit-menit akhir menjelang peluncuran.

Beberapa orang bahkan mengaku telah menunggu berjam-jam, sebelum NASA mengumumkan penundaan pada pukul 8:35 pagi waktu setempat.

Baca Juga: Seorang Gadis 9 Tahun di China Viral Setelah Memilih untuk Memasak Makanan Lezat untuk Ibunya daripada Liburan

Pembatalan itu terpaksa dilakukan setelah tim NASA menemukan kebocoran yang tidak terdeteksi saat gladi bersih terakhir, pada Engine 3.

Menurut NASA, saluran bahan bakar hidrogen cair tidak mampu mendinginkan salah satu dari empat mesin inti, pada Space Launch System (SLS).

Wakil Presiden AS, Kamala Harris, yang juga datang mengatakan bahwa hal ini akan memberi NASA lebih banyak data untuk memastikan SLS dapat diluncurkan, pada Jumat, 2 September mendatang.

Baca Juga: Bintang Bollywood Ranveer Singh Diinterogasi Polisi karena Kasus Pemotretan Telanjang

"Saya sangat bangga dengan program luar angkasa kami dan kepemimpinan yang diberikan oleh United Space kepada dunia," kata Kamala Harris dikutip Gunem.id dari Dailymail Selasa, 29 Agustus 2022.

Jonathan McDowell, astrofisikawan di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, mengatakan dia tidak yakin NASA akan berhasil meluncurkan roketnya pada Jumat nanti.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: dailymail.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X