• Minggu, 27 November 2022

NASA Kembali akan Meluncurkan Artemis 1 pada Sabtu Sore Waktu Setempat

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 22:50 WIB
NASA akan melakukan peluncuran Artemis I pada hari Sabtu, setelah mengalami karena kebocoran pada mesin. (Instagram @nasa)
NASA akan melakukan peluncuran Artemis I pada hari Sabtu, setelah mengalami karena kebocoran pada mesin. (Instagram @nasa)

Gunem.id - Setelah kegagalan peluncuran Artemis 1, NASA berencana akan melakukannya lagi pada Sabtu ini, atau lima hari setelah masalah teknis menggagalkan peluncuran pada hari Senin.

Menurut manajer misi Artemis, Mike Sarafin, teknisi di lokasi peluncuran di Cape Canaveral, Florida, menemukan masalah dengan salah satu mesin roket Artemis 1.

Para teknisi mencoba memperbaikinya, namun tidak dapat tepat waktu untuk peluncuran yang dijadwalkan, selain juga adanya cuaca buruk.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Bola Voli Putra FIVB 2022: Hasil Pertandingan Hari ke 4 dan 5, tanggal 29 - 30 Agustus 2022

“Kami telah mengubah prosedur pengisian bahan bakar untuk menangani masalah kebocoran mesin,” kata Mike Sarafin dikutip Gunem.id dari The Guadian Rabu, 31 Agustus 2022.

Sementara menurut manajer program roket NASA, John Honeycutt, peluncuran ulang yang dijadwalkan hari Sabtu, akan memberikan informasi tambahan, bahkan jika masalah muncul kembali dan hitungan mundur dihentikan lagi.

“Itu lebih baik, daripada kita duduk-duduk sambil menggaruk-garuk kepala, apakah cukup baik atau tidak,” ujar Honeycutt

Baca Juga: Reruntuhan Bekas Pangkalan Militer Romawi Muncul di Spanyol, Setelah 2 Abad Tenggelam

“Berdasarkan apa yang saya dengar dari tim teknis hari ini, yang perlu kami lakukan adalah terus meneliti data dan memoles rencana kami,” lanjutnya.

Roket Artemis 1 setinggi 98 meter, adalah roket paling kuat yang pernah dibuat oleh NASA, saat ini tetap berada di Kennedy Space Center dengan kapsul awak kosong di atasnya.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: theguardian.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X