• Minggu, 27 November 2022

Peneliti Menemukan, Operasi Amputasi telah Dilakukan di Kalimantan Sejak 31.000 Tahun yang Lalu

- Kamis, 8 September 2022 | 18:00 WIB
Tulang manusia yang ditemukan di gua kapur Liang Tebo, Kalimantan Timur. (Instagram @griffithuniversity)
Tulang manusia yang ditemukan di gua kapur Liang Tebo, Kalimantan Timur. (Instagram @griffithuniversity)

Gunem.id - Amputasi atau operasi pengangkatan bagian tubuh, seperti lengan atau kaki, bisa dibilang sebagai sebuah prosedur operasi yang cukup modern.

Namun sebuah penemuan arkeologi terbaru menunjukkan bahwa manusia telah melakukan operasi amputasi sejak Zaman Batu.

Para peneliti dari Griffith University, menemukan sisa-sisa dari individu muda di Kalimantan yang kaki kirinya telah diamputasi melalui pembedahan, sekitar 31.000 tahun yang lalu.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Kejuaraan Dunia Bola Voli Putra FIVB 2022 Tanggal 8-9 September 2022,Ini Link Streamingnya

Hebatnya, para peneliti percaya bahwa orang tersebut selamat dari operasi, dan hidup selama enam hingga sembilan tahun, dan meninggal pada usia 19 atau 20 tahun.

“Bukti awal yang tak terduga dari amputasi anggota tubuh yang sukses ini menunjukkan, bahwa setidaknya beberapa kelompok manusia modern yang hidup di Asia tropis telah mengembangkan pengetahuan dan keterampilan medis yang canggih,” kata para peneliti dalam laporan mereka dikutip Gunem.id dari Dailymail Rabu, 7 September 2022.

Baca Juga: Pasca Tes Balapan di Sirkuit Misano, Marc Marquez Optimis akan Segera Kembali ke Track Balap

Sampai sekarang, amputasi bedah tertua yang diketahui terjadi pada seorang petani Neolitik di Prancis sekitar 7.000 tahun yang lalu, yang lengan kirinya telah diangkat melalui pembedahan.

Namun, di masyarakat Barat, amputasi bedah yang berhasil hanya menjadi norma medis dalam 100 tahun terakhir.

“Sebelum berkembangnya klinis modern, termasuk antibiotik, secara luas diperkirakan bahwa kebanyakan orang yang menjalani operasi amputasi kebanyakan akan meninggal,” kata peneliti.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: dailymail.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X