• Minggu, 27 November 2022

Peneliti Menemukan Asal Usul Cincin Saturnus dan Kenapa Planet ini Tampak Miring

- Jumat, 16 September 2022 | 09:39 WIB
Cincin Planet Saturnus dari mana asalnya? (looser)
Cincin Planet Saturnus dari mana asalnya? (looser)

Gunem.id - Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), melakukan perhitungan untuk memetakan perubahan sumbu rotasi planet Saturnus dari waktu ke waktu.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa pernah ada oleh benda lain yang mengorbit, tetapi ketika terlalu dekat dengan raksasa gas itu akhirnya tercabik-cabik dan membentuk cincin.

Cincin Saturnus yang menjadi ciri khas planet keenam itu, bisa jadi adalah hasil dari bulan kuno yang menabrak planet ini sekitar 160 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: Juara 20 Kali Grand Slam Roger Federer Umumkan Pensiun pada Usia 41 Tahun

Bulan Saturnus yang diberi nama Chrysalis itu, telah mengorbit pada planet raksasa gas selama beberapa miliar tahun, sebelum bertabrakan dengannya dan pecah.

Hilangnya Chrysalis juga akan menjelaskan, mengapa Saturnus miring pada sudut 26,7 derajat dalam putarannya, yang ditunjukkan oleh cincin yang mengitarinya dengan anggun.

“Sama seperti kepompong kupu-kupu, satelit ini lama tidak aktif dan tiba-tiba menjadi aktif dan cincin muncul,” kata Profesor Jack Wisdom dari MIT dikutip Gunem.id dari Dailymail Kamis, 15 September 2022.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,1 Mengguncang Padang, Sumatra Barat

Sejak awal 2000-an, para astronom percaya bahwa kemiringan Saturnus berasal dari “resonansi orbit” planet dengan tetangganya Neptunus.

Dua planet memiliki resonansi jika periode orbitnya sinkron dan mereka memberikan pengaruh gravitasi yang teratur satu sama lain.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: dailymail.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X