• Minggu, 27 November 2022

Ilmuwan Berencana Membekukan Kembali Lapisan Es yang Mencair di Kutub untuk Melawan Pemanasan Global

- Senin, 19 September 2022 | 18:45 WIB
Ilustrasi es di kutub selatan (pexels.com/ syed qaarif andrabi)
Ilustrasi es di kutub selatan (pexels.com/ syed qaarif andrabi)

Gunem.id - Para ilmuwan membuat rencana ambisius untuk melawan pemanasan global, yakni dengan membekukan kutub utara dan selatan untuk mengembalikan lapisan es yang telah mencair.

Menurut para ahli, pesawat terbang akan menyemprotkan partikel aerosol mikroskopis ke atmosfer pada garis lintang 60 derajat utara dan selatan.

Jika dilepaskan pada ketinggian 43.000 kaki atau di atas ketinggian jelajah pesawat, aerosol ini akan melayang perlahan ke arah kutub, dan akan sedikit menaungi permukaan di bawahnya.

Baca Juga: Gulat” Soal Pelakor di Tempat Umum,Dua Wanita Hong Kong Ditangkap Polisi Atas Dakwaan Berkelahi di Tempat Umum

Bayangan ekstra ini akan memungkinkan kutub yang mencair akan membeku kembali, dan efeknya dapat mengurangi masalah pencairan es glasial serta naiknya permukaan laut.

“Teknik ini akan mengurangi perubahan iklim dengan membelokkan kembali ke ruang angkasa, sebagian kecil dari radiasi matahari yang masuk,” kata para ilmuwan dikutip Gunem.id dari Dailymail.

Konsep ini disebut Stratospheric Aerosol Injection (SAI) atau injeksi aerosol stratosfer, dan diperkirakan akan menelan biaya USD11 miliar atau sekitar Rp165 triliun (kurs USD Rp15.000) per tahun.

Baca Juga: Pemprov Jatim Bebaskan Pajak Kendaraan untuk Angkot dan Ojol

Biaya sebesar itu lebih murah dibandingkan dengan metode mitigasi iklim lainnya, klaim para peneliti.

Halaman:

Editor: Pulung Nowo Wijoyo

Sumber: Dailymail.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X