• Minggu, 27 November 2022

Svante Pääbo, Ilmuwan Swedia Pemenang Anugerah Nobel 2022 Bidang Kedokteran

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:30 WIB
Ahli genetika asal Swedia, Svante Pääbo, mendapat anugerah Nobel 2022. (Instagram @svante_paabo)
Ahli genetika asal Swedia, Svante Pääbo, mendapat anugerah Nobel 2022. (Instagram @svante_paabo)

Gunem.id - Ahli genetika asal Swedia, Svante Pääbo, mendapat anugerah Nobel 2022 dalam bidang fisiologi atau kedokteran.

Selain mendapat penghargaan, Svante Pääbo juga mendapat hadiah uang sebesar 10 juta Krona Swedia atau sekitar Rp13 miliar (kurs Krona Rp1.300), yang diumumkan pada hari Senin oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia di Stockholm.

Svante Pääbo memenangkan penghargaan atas temuannya mengenai genom hominin yang telah punah, termasuk Neanderthal, dan evolusi manusia.

Baca Juga: Kemenag Gelar Salat Ghaib untuk Korban Tragedi Kanjuruhan di Istiqlal Usai Salat Jumat

“Penemuan inovatif Svante Pääbo memungkinkan kita menjawab salah satu pertanyaan paling mendasar: apa yang membuat kita unik?” kata Anna Wedell, anggota komite Nobel dikutip Gunem.id dari The Guardian Senin, 3 Oktober 2022.

“Seperti kita, Neanderthal memiliki otak yang besar. Mereka hidup berkelompok dan menggunakan alat, meski alat yang mereka pakai sangat sedikit berubah selama ratusan ribu tahun, sampai mereka punah,” lanjutnya.

“Homo sapiens, di sisi lain, dengan cepat mengembangkan budaya yang kompleks, seni figuratif, dan inovasi canggih. Mereka melintasi perairan terbuka dan menyebar ke seluruh bagian planet kita.”

Baca Juga: Ayah Elon Musk, Errol, Mengklaim Telah Membunuh 3 Orang Penyusup Rumahnya

“Dasar dari perkembangan dramatis ini pasti terletak pada perubahan genetik yang terjadi setelah kita berpisah dari Neanderthal dan Denisovan,” pungkas Wedell.

Penemuan Svante Pääbo juga berimplikasi pada pengobatan modern. Potongan DNA Neanderthal dan Denisovan tersebar di seluruh genom manusia serta menjelaskan apa yang membuat fisiologi kita unik, atau mirip, dengan nenek moyang kita.

Halaman:

Editor: Bonari

Sumber: theguardian.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X